Instalasi Jaringan Sederhana dengan kabel UTP

 "Jaringan komputer yang paling sederhana berdasarkan cakupan areanya adalah jaringan PAN (Personal Area Network). Salah satunya adalah jaringan Peer to Peer (P2P) yaitu jaringan yang hanya menghubungkan 2 buah komputer, dimana nanti komputer server bisa menjadi komputer clint dan sebaliknya komputer client bisa jadi komputer server jaringan ini sangat mudah digunakan bahkan untuk mentranfer file dan data kita serta konfigurasinya sangatlah mudah dan tidak perlu alat banyak.

1

Kabel jaringan adalah kabel yang menghubungkan antara komputer dan komputer, server hingga swich dan lainnya. Kabel jaringan juga dapat sebagai perantara perantara dengan pengguna lain di area lokal, seperti (warnet, kantor perusahaan, dll.) Selain itu, kabel jaringan juga dapat disebut kabel UTP (pasangan twisted unshielded) yang sering digunakan untuk kabel LAN dan telepon. Kabel UTP itu sendiri terdiri dari empat warna pengemudi tembaga yang masing-masing mitra memiliki banyak pasangan. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular, yang sesuai dengan 8 pin yang biasanya kita sebut RJ-45 dan semua protokol LAN dapat bekerja melalui kabel UTP. Dan sebagian besar perangkat LAN dilengkapi dengan konektor RJ-45.

UTP Wiring Standards.

Angka-angka dilakukan sesuai dengan standar yang telah ditentukan dan berlaku secara internasional. Ada dua sisi yang digunakan untuk kabel, yaitu TIA / EIA 368A dan TIA / EIA 368B.

EIA adalah sinonim atau perluasan aliansi elektronik dan TIA adalah sinonim atau perpanjangan dari asosiasi industri telekomunikasi.

Arti makna EIA / TIA adalah standarisasi internasional dari struktur kabel untuk telekomunikasi. Kabel paling umum yang kami temui adalah jenis UTP dan STP.

Banyak yang menganggap EIA / TIA hanya merupakan standar untuk kabel Ethernet, meskipun EIA / TIA lebih global untuk telekomunikasi, termasuk transfer vokal (PABX).

Tipe kabel UTP.

Dua jenis pemasangan kabel sering digunakan. Yaitu kanan dan salib.

1. Kabel Kanan.

Kabel yang tepat adalah kabel yang memiliki metode instalasi yang sama antara satu ujung dengan ujung lainnya.

Urutan standar kabel kanan adalah seperti di bawah ini, yang sesuai dengan standar TIA / EIA 368B (yang paling banyak digunakan) atau kadang-kadang digunakan sesuai dengan standar TIA / EIA 368A sebagai berikut:

  • Apa yang sering digunakan sesuai dengan standar TIA / EIA 368B.
  • Contoh penggunaan kabel kanan adalah:
  • Masuk di antara komputer dengan sakelar
  • Hubungkan komputer dengan jaringan lokal pada modem kabel / DSL
  • Hubungkan router dengan LAN pada modem kabel / DSL
  • Hubungkan sakelar ke router
  • Hubungkan hub ke router
  • Buat kabel UTP yang tepat
  • Kupas ujung kabel UTP, sekitar 2 cm.
  • Buka kabel , luruskan dan kendalikan kabel sesuai dengan gambar standar.
  • Setelah perintah sesuai dengan standar, potong dan sebarkan ujung kabel,
  • Tempatkan kabel kanan dan paralel di konektor RJ-45 dan pastikan seluruh posisi kabel benar dengan posisi sesuai dengan gambar di atas.

Crimping menggunakan alat crimping, ketuk alat crimping dan pastikan semua pin (Kuningan) pada konektor RJ-45 sudah "menggigit" setiap kabel. Biasanya, akan ada suara "crik".

Langkah terakhir adalah memeriksa kabel yang telah kami buat sebelumnya menggunakan LAN Tester, bagaimana memasukkan setiap ujung kabel (konektor RJ-45) pada setiap port yang tersedia pada LAN Tester, nyalakan itu dan pastikan itu semua menyala Lampu ada di urutan kabel kami.


Next Post Previous Post