Pengertian LINUX, Sejarah Perkembangan LINUX

 

Pengertian  LINUX


Merupakan aplikasi sistem open source yang free buat disebarluaskan di dasar lisensi GNU. Linux ialah turunan dari unix serta bisa bekerja pada bermacam berbagai fitur keras koputer mulai dari inter x86 hingga dengan RISC.


Dengan lisensi GNU( Gnu Not Unix) Kamu bisa mendapatkan program, lengkap dengan kode sumbernya( source code). Tidak cuma itu, Kamu diberikan hak buat mengkopi sebanyak Kamu ingin, ataupun apalagi mengganti kode sumbernya. Serta itu seluruh sah dibawah lisensi. Walaupun free, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang mau menarik bayaran buat penggandaan ataupun pengiriman program.


 


SEJARAH LINUX

Linux pada awal mulanya terbuat oleh seseorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Tadinya Linux ialah proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, ialah sistem UNIX kecil yang dibesarkan oleh Andrew Tanenbaum.


Linux tipe 0. 01 dikerjakan dekat bulan Agustus 1991. Setelah itu pada bertepatan pada 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan tipe formal Linux, ialah tipe 0. 02 yang cuma bisa melaksanakan shell bash( GNU Bourne Again Shell) serta gcc( GNU C Compiler).


Dikala ini Linux merupakan sistem UNIX yang sangat lengkap, dapat digunakan buat jaringan, pengembangan aplikasi serta apalagi buat pekerjaan tiap hari. Linux saat ini ialah alternatif sistem pembedahan yang jauh lebih murah bila dibanding dengan sistem pembedahan komersial( misalnya Windows 9. x/ NT/ 2000/ ME).


Linux memiliki pertumbuhan yang sangat kilat. Perihal ini bisa dimungkinkan sebab Linux dibesarkan oleh bermacam- macam kelompok orang. Keragaman ini tercantum tingkatan pengetahuan, pengalaman dan geografis. Supaya kelompok ini bisa berbicara dengan kilat serta efektif, internet jadi opsi yang sangat pas.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX

Kelebihan

  • Bertabiat open source, leluasa serta terbuka. sehingga tidak butuh bayaran buat mendapatkannya. LISENSI FREE
  • serta boleh di utak atik semaunya.
  • Linux saat ini telah gampang di operasikan. kalo dahulu pengguna linux identik dengan para hacker, tetapi saat ini orang awam juga telah banyak yang memakainya.
  • Nyaris seluruh aplikasi yang biasa dijalankan di windows, telah terdapat aplikasi linuxnya yang dibesarkan oleh komunitas linux ataupun dapat pula memakai aplikasi emulator.
  • Mempunyai pengamanan yang lebih unggul sebab di desain multiuser sehingga apabila virus melanda user tertentu, hendak sangat susah menyebar ke user yang lain.
  • Sesuai buat Komputer yang mempunyai spesifikasi minimum sebab linux memerlukan resource yang lebih kecil dibanding Windows.
  • Linux bisa berjalan di 2 fashion.
  • Tidak sering crash ataupun nge- hang yang mewajibkan kita buat merestart pc sebab linux lebih normal.
  • Mempunyai komunitas di bermacam penjuru dunia.
  • Ada bermacam- macam opsi semacam Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, serta sebagainya.


Kekurangan

  • Banyak user yang belum terbiasa memakai linux.
  • Sokongan hardware dari vendor- vendor tertentu yang tidak sangat baik pada linux.
  • Proses instalasinya tidak semudah windows.
  • Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
  • Untuk administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix- like, hingga ingin gak ingin wajib belajar dahulu.
  • Struktur direktori serta hak akses yang membingungkan untuk user yang terbiasa memakai windows.


PENGEMBANGAN LINUX

Nama" Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, perlengkapan sistem serta pustakanyaumumnya berasal dari sistem pembedahan GNU, yang diumumkan tahun 1983 olehRichard Stallman. Donasi GNU merupakan bawah dari timbulnya nama alternatifGNU/ Linux.


Linux sudah lama diketahui buat penggunaannya di server, serta didukung oleh perusahaan- perusahaan pc ternama semacam Intel, Dell, Hewlett- Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, serta Sun Microsystems. Linux digunakan selaku sistem pembedahan di bermacam berbagai tipe fitur keraskomputer, tercantum pc desktop, superkomputer, serta sistem benamseperti pembaca novel elektronik, sistem game video( PlayStation 2, PlayStation 3 serta XBox), telepon genggam serta router.


Para pengamat teknologi informatika berpikiran kesuksesan Linux disebabkan Linux tidak tergantung kepada vendor( vendor independence), bayaran operasional yang rendah, serta kompatibilitas yang besar dibanding tipe UNIX tidak leluasa, dan aspek keamanan serta kestabilannya yang besar dibanding dengan sistem pembedahan yang lain semacam Microsoft Windows. Identitas ini pula jadi fakta atas keunggulan model pengembangan fitur lunak sumber terbuka( opensource aplikasi).


Sistem pembedahan Linux yang diketahui dengan sebutan distribusi Linux( Linux distribution) ataupun distro Linux biasanya telah tercantum perangkat- perangkat lunak pendukung semacam server website, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop( desktop environment) semacam GNOME, KDE serta Xfce pula memilikipaket aplikasi perkantoran( office suite) semacam OpenOffice. org, KOffice, Abiword,


MACAM- MACAM DISTRO LINUX

Xandros

Xandros Linux merupakan suatu distro Linux yang bersumber pada pada sistim KDE. Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila dioperasikan sangat gampang serta aman.

Ubuntu.

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd( industri kepunyaan Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama suatu konsep pandangan hidup di Afrika Selatan.“ Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti“ rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.

CentOS

Merupakan sistem pembedahan leluasa yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux( RHEL). CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System( Sistem Pembedahan Industri buatan Komunitas/ Warga).

Debian

Debian merupakan sistem pembedahan berbasis kernel Linux. Debian merupakan‘ kernel independent’, ialah sistem pembedahan Debian dibesarkan murni tanpa mendasarkan pada sistem pembedahan yang sudah terdapat.

Fedora( lebih dahulu bernama Fedora Core, terkadang diucap pula dengan Fedora Linux) merupakan suatu distro Linux berbasis RPM serta yum yang dibesarkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram dan disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari kepribadian fedora yang digunakan di logo Red Hat.

Knoppix

Knoppix merupakan distro Linux live- cd yang bisa dijalankan lewat CD- ROM tanpa instalasi di hard disk. Distro ini berbasis Debian Linux serta diciptakan oleh Klaus Knopper.

Gentoo Linux merupakan sesuatu distribusi Linux yang mengenakan paket sistem manajemen Portage.[Bandingkan dengan: Debian yang memakai paket. deb, RedHat/ Mandrake yang memakai paket. rpm. Manajemen paket ini dirancang buat modular( gampang ditambah- tambah), portabel( bisa di port ke distro lain), gampang ditata, fleksibel, serta dimaksimalkan buat tiap- tiap pc pengguna.

Slackware

Slackware ialah sistem pembedahan yang terbuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Slackware ialah salah satu distro dini, serta ialah yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware merupakan stabilitas serta kemudahan desain, dan jadi distribusi Linux yang sangat mirip Unix.

Mandriva Linux

Mandriva Linux( dulu diketahui dengan nama Mandrakelinux ataupun Mandrake Linux) merupakan sistem pembedahan yang terbuat oleh Mandriva( dulu diketahui dengan nama Mandrakesoft). Mandriva Linux memakai RPM Package Manager.

OpenSUSE

SUSE lebih dahulu bernama SUSE Linux serta SuSE Linux Professional merupakan salah satu distro Linux dari industri Novell, ataupun lebih pas dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH( Software- und System- Entwicklungsgesellschaft mbH, Nürnberg yang berarti pengembangan- perangkat lunak serta- sistem).

Freespire

Freespire merupakan tipe free dari distro Linspire( a. k. a Lindows), setelah itu bisa jadi disebabkan kasus nama, berganti jadi Linspire.

Linux Mint

Linux Mint merupakan sistem pembedahan berbasis Linux buat Komputer. Inti dari LinuxMint merupakan Ubuntu, sehingga aplikasi yang bisa berjalan di Ubuntu, pula dapat berjalan pada LinuxMint.

PCLinuxOS

PCLinuxOS, kerap disingkat selaku PCLOS, merupakan suatu sistem pembedahan desktop. Ini merupakan suatu sistem pembedahan leluasa buat pc individu yang bertujuan buat mempermudah pemakaian.

Damn Small Linux

Damn Small Linux( DSL) merupakan salah satu distro/ varian linux mini. Diucap mini sebab paket DSL hanya 50MB besarnya. DSL pula membolehkan buat diinstall di USB 128MB.

Kuliax

Kuliax merupakan suatu distribusi Linux LiveCD yang dibesarkan oleh Kuliax Project buat pembelajaran di universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/ Linux serta Knoppix, dan sudah dioptimasi ke arah pemakaian desktop Linux.

Redhat

Distribusi yang sangat terkenal, minimun di Indonesia, redhat ialah distribusi awal yang instalasi serta pengoperasiannya gampang.


Next Post Previous Post