Rekayasan Perangkat Lunak /RPL

 Pengertian serta Tujuan

Bagi IEEE Computer Society: Rekayasa Perangakat Lunak selaku pelaksanaan sesuatu pendekatan yang sistematis, disiplin serta terkuantifikasi atas pengembangan, pemakaian serta pemeliharaan fitur lunak, dan riset atas pendekatan- pendekatan ini, ialah pelaksanaan pendekatan engineering atas fitur lunak.


Rekayasa Perangakat Lunak merupakan pengubahan fitur lunak itu sendiri guna meningkatkan, memelihara, serta membangun kembali dengan memakai prinsip reakayasa buat menciptakan fitur lunak yang bisa bekerja lebih efektif serta efisien buat pengguna.

 


 


Tujuan  Rekayasa Perangakat Lunak

  • Secara lebih spesial kita bisa melaporkan tujuan serta  Rekayasa Perangakat Lunak ini merupakan:
  • Mendapatkan bayaran penciptaan fitur lunak yang rendah.
  • Menciptakan pereangkat lunak yang kinerjanya besar, andal serta pas waktu
  • Menciptakan fitur lunak yang bisa bekerja pada bermacam tipe platform
  • Menciptakan fitur lunak yang bayaran penjaannya rendah


Kriteria Dalam  Rekayasa Perangakat Lunak

  • Bisa terus dirawat serta dipelihara( maintainability)
  • Bisa menjajaki pertumbuhan teknologi( dependability)
  • Bisa menjajaki kemauan pengguna( robust).
  • Efisien serta efektif dalam memakai tenaga serta penggunaannya.
  • Bisa penuhi kebutuhan yang di idamkan( usability).


Ruang Lingkup  Rekayasa Perangakat Lunak

  • Aplikasi Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan serta persyaratan Perangkat lunak.
  • Aplikasi desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, serta ciri lain dari fitur lunak.
  • Aplikasi construction berhubungan dengan perinci pengembangan fitur lunak, tercantum. algoritma, pengkodean, pengujian serta pencarian kesalahan.
  • Aplikasi testing meliputi pengujian pada totalitas sikap perangkat lunak.
  • Aplikasi maintenance mencakup upaya- upaya perawatan kala fitur lunak sudah dioperasikan.
  • Aplikasi configuration management berhubungan dengan usaha pergantian konfigurasi fitur lunak buat penuhi kebutuhan tertentu.
  • Aplikasi engineering management berkaitan dengan pengelolaan serta pengukuran RPL, tercantum perencanaan proyek Rekayasa Perangakat Lunak
  • Aplikasi engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang perlengkapan bantu serta tata cara RPL.


Rekayasa Perangakat Lunak serta Disiplin Ilmu Lain

  1. Cakupan ruang lingkup yang lumayan luas, membuat RPL sangat terpaut dengan disiplin dengan bidang ilmu lain. tidak saja sub bidang dalam disiplin ilmu pc tetapi dengan sebagian disiplin ilmu lain diluar ilmu pc.
  2. Bidang ilmu manajemen meliputi akuntansi, finansial, pemasaran, manajemen pembedahan, ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber energi manusia, kebijakan, serta strategi bisnis.
  3. Bidang ilmu matematika meliputi aljabar linier, kalkulus, kesempatan, statistik, analisis numerik, serta matematika diskrit.
  4. Bidang ilmu manajemen proyek meliputi seluruh perihal yang berkaitan dengan proyek, semacam ruang lingkup proyek, anggaran, tenaga kerja, mutu, manajemen efek serta keandalan, revisi mutu, serta metode- metode kuantitatif.


Next Post Previous Post