Pengertian Disk Server,File Server,Terminal Server Secara Umum

 


Secara umum server adalah sebuah komputer yang berisi program baik sistem operasi maupun program aplikasi yang menyediakan pelayanan kepada komputer atau program lain yang sama ataupun berbeda.

Komputer server adalah komputer yang bisanya dikhususkan untuk menyimpan data yang kan diguakan bersama, atau berbagi basis data. server juga menggunakan sistam oprasi berbasis network ( Network Operating System ) maka komputer server berisi informasi daftar user yang diperbolehkan masuk ke server tersebut.

Jenis server yang paling sering digunakan adalah Disk Server, File Server, Printer Server, dan Terminal Server.

Disk Server
Disk server digunakan untuk menyediakan fasilitas pengaksesan ke hard disk. Server ini bersifat transparant terhadap user, sehingga setiap pengguna merasa sedang mengakses hard disk nya masing-masing. File dan program yang tersimpan di dalam hard disk dapat diakses oleh setiap user seolah-olah file dan program tersebut berada dalam hard disk sendiri.

File Server
File server menyediakan pelayanan yang mirip dengan disk server tetapi juga mengola disk lokal di setiap komputer. File server bekerja berdasarkan software disk held yang mengolah file-file yang di simpan dan memungkinkan beberapa atau seluruh data yang disimpan dan memungkinkan beberapa atau seluruh data yang tersimpan untuk dimanfaatkan oleh sejumlah user yang berbeda.

Terminal Server
Terminal server bertindak saperti sebuah multiplayer yang memungkinkan sejumlah komputer kecil, atau terminal-terminal yang lain, untuk mengakses ke sebuah titik LAN yang sama. Terminal server dapat digunakan untuk menyediakan akases ke komputer pusat untuk sejumlah terminal dengan menggunakan biaya yang rendah.
Next Post Previous Post