Materi Wan Kelas XI (Sebelas ). Pengertian WLAN & WPAN

  Pengertian WLAN adalah singkatan “Wireless Local Area Network”, jaringan komputer lokal yang menggunakan gelombang radio (wireless) sebagai media transmisinya. untuk menghubungkan antar perangkat seperti antar komputer, atau komputer ke internat menggunakan sinyal wireless.

Saat ini jaringan komputer WLAN telah banyak digunakan, terutama di perusahaan karena cukup praktis, efisien, dan rapi karena pemeliharaannya yang mudah dan tidak menggunakan banyak kabel jaringan.

wan
Komponen WLAN Adalah Sebagai Berikut :

1.  WLAN Interfaces

a.Pada laptop

Dalam bentuk perangkat akses untuk pengguna yang menggunakan laptop dan biasanya diinstal pada port PCMCIA. Tetapi untuk komputer desktop harus ditambahkan perangkat seperti adaptor nirkabel.

b. Di komputer desktop


Adalah alat yang dapat dilampirkan ke perangkat komputer desktop biasanya di motherboard, jika di laptop ada alat yang diinstal pada port PCMIA, maka untuk komputer desktop memerlukan perangkat khusus yang memiliki adaptor nirkabel yang terhubung ke port PCI atau Port USB.

2. Access Point

Menjadi perangkat yang sangat penting bagi jaringan WLAN karena merupakan perangkat yang sentral untuk menghubungan antar perangat dan bisa menghubungkan ke ISP. Access-Point mempunyai fungsi untuk memancarkan sinya wireless. Selain itu juga berfungsi untuk mengatur MAC adress, sebagai DHCP server, dll. oleh sebab itu perangkat ini menjadi inti dalam jaringan WLAN.

3. Antena


Antena ini biasanya merupakan antena external yang sering di tambahkan pada perangkat supaya dapat memperkuat sinyal pemancar dan bersifat tidak wajib. 

 Pengertian WPAN

 Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah Sebuah jaringan nirkabel pribadi (WPAN untuk pribadi) adalah jaringan nirkabel low-range yang meliputi luas jangkauan hanya beberapa puluh meter saja. WPAN sama dengan jaringan nirkabel pada  umumnya, yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat periferal (seperti printer, android/handphone, dan peralatan rumah lainya) atau Tablet (PDA) ke komputer, atau hanya dua komputer terdekat, tanpa menggunakan koneksi server. Ada beberapa jenis teknologi yang digunakan untuk WPANs:


Teknologi utama WPAN adalah Bluetooth, diluncurkan oleh Ericsson pada tahun 1994, yang menawarkan throughputmaksimal 1 Mbps selama rentang maksimum sekitar tiga puluh meter. Bluetooth, juga dikenal sebagai IEEE 802.15.1, memiliki keuntungan menjadi sangat hemat energi, yang membuatnya sangat cocok untuk digunakan dalam perangkat kecil.



Next Post Previous Post