Materi WAN, Pengertian Kabel Fiber Optik & Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Fungsi Fiber Optik

 Materi wan kelas XI pengertian Kabel Fiber Optik / FO

Di jaringan komputer ada beberapa komponen pendukung seperti host/komputer pengguna, server, beralih bersama dengan kabel sebagai penghubung dan mendistribusikan data. Sampai sekarang ada beberapa jenis kabel yang biasanya digunakan dalam instalasi jaringan komputer seperti kabel koaksial dan bengkok.

Untuk 2 jenis kabel ini, ini mungkin yang paling banyak digunakan dari masa lalu hingga sekarang. Tetapi sepanjang waktu, orang menginginkan akses kecepatan yang lebih tinggi dan kemampuan transfer data maksimum. Sebenarnya kabel koaksial dan bengkok cukup untuk memenuhi standar tetapi tentu saja perlu ada inovasi terbaru dengan berbagai keuntungan.

Kecepatan akses tinggi dalam jaringan tentu saja yang paling dicari, terutama untuk tujuan menjelajah di internet. Ini adalah latar belakang kemunculan kabel serat optik dan dalam sekejap segera mendapatkan tempatnya sendiri di masyarakat.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan lebih dalam tentang kabel serat optik, termasuk pemahaman serat optik, fungsi, metode kerja dan kelebihan dan kekurangan serat optik.



Berbeda dari kabel lain yang membawa listrik, kabel serat optik adalah jenis kabel yang berfungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengeringkannya dari satu ke yang lain. Bahan utama dari kabel tipe serat optik ini adalah dari gelas yang sangat halus dan serat plastik, bahkan lebih halus dari segenggam rambut manusia. Berbeda dengan kasus dari kabel lain yang menggunakan bahan tembaga.

Ada 2 jenis mode transmisi yaitu mode tunggal yang memanfaatkan sinar laser sebagai media transmisi dan mode multi yang menggunakan media LED. Biasanya jenis kabel serat optik ini lebih sering digunakan dalam instalasi jaringan dengan kelas menengah ke atas.

Definisi serat optik

Berbeda dari kabel lain yang membawa listrik, kabel serat optik adalah jenis kabel yang berfungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengeringkannya dari satu ke yang lain. Bahan utama dari kabel tipe serat optik ini adalah dari gelas yang sangat halus dan serat plastik, bahkan lebih halus dari segenggam rambut manusia. Berbeda dengan kasus dari kabel lain yang menggunakan bahan tembaga.

Ada 2 jenis mode transmisi yaitu mode tunggal yang memanfaatkan sinar laser sebagai media transmisi dan mode multi yang menggunakan media LED. Biasanya jenis kabel serat optik ini lebih sering digunakan dalam instalasi jaringan dengan kelas menengah ke atas.

wan

Fungsi kabel Fiber Optik

Pada dasarnya fungsi kabel serat optik sama dengan jenis kabel lainnya yang menghubungkan antara komputer atau pengguna satu sama lain dan dalam ruang lingkup jaringan tertentu.

Perbedaannya adalah kecepatan akses tinggi dan kemampuan untuk mentransfer data lebih cepat. Untuk kecepatan pengiriman data dapat mencapai kisaran gigabit per detik. Selain itu, karena tidak membawa listrik, jenis kabel ini juga tidak terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik sehingga stabil dalam penggunaannya.

Tetapi tentu saja dengan banyak keuntungan yang diperoleh, tentu saja, harus dibayar lebih mahal, itulah sebabnya jenis kabel ini tidak digunakan oleh siapa pun. Biasanya perusahaan skala besar dan operator telekomunikasi yang lebih sering memilih untuk menggunakan kabel serat optik ini. Bahkan sekarang, perusahaan pengembangan Wi-Fi telah mulai menggunakan serat optik karena lebih cepat dan lebih stabil.

Keuntungan dan kerugian dari serat optik


Meskipun dilengkapi dengan kemampuan yang lebih tinggi dari jenis kabel sebelumnya tidak berarti bahwa kabel serat optik ini tidak memiliki kekurangan sama sekali. Di bawah ini kami menjelaskan berbagai kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan serat optik:

Keuntungan serat optik


    Jenis kabel serat optik ini memiliki kemampuan untuk mengirimkan data dengan kapasitas besar dan jarak transmisi yang sangat jauh. Dengan kapasitas gigabyte per detik, ini memberikan kebebasan bagi perusahaan internet dan perusahaan telepon untuk memilih bandwidth tinggi.

    Meskipun memiliki kemampuan besar bentuk fisik kabel ini lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis lain karena bahannya berasal dari serat kaca dan plastik. Ini memungkinkan ketersediaan ruang yang cukup besar.

    Karena tidak menggunakan arus listrik kabel serat optik ini bebas dari gangguan sinyal elektromagnetik, sinyal radio, dan memiliki resistensi yang cukup kuat sehingga banyak digunakan oleh perusahaan besar.

    Meskipun memiliki kecepatan akses yang tinggi, tetapi masih kemungkinan kehilangan data sangat rendah, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang validitas data.

    Karena itu tidak menggunakan listrik, kemungkinan hubung singkat tidak akan terjadi, jadi dalam hal keamanan juga sangat dijamin.


Kurangnya serat optik

materi wan


    Kerugian terbesar dari kabel serat optik adalah harganya cukup tinggi, ini sangat masuk akal mengingat bahan yang digunakan dan pemasangan. Oleh karena itu jenis pengguna kabel tidak sewenang -wenang tetapi perusahaan atau penyedia layanan komunikasi yang benar -benar menginginkan akses ke lebih cepat.

    Selain biaya banyak uang selama instalasi, untuk pemeliharaan serat optik juga membutuhkan biaya yang tidak melihat beberapa alat yang digunakan juga tidak murah.

    Juga perhatikan penempatan kabel serat optik, biasanya dipasang pada jalur belok atau yang memiliki sudut melengkung sehingga proses menjalankan gelombang dapat lebih halus atau tidak terhambat. materi wan 

 Cara kerja fiber optik

Sebelumnya sudah sempat dijelaskan bahwa kabel Fiber Optik tidak mengalirkan listrik namun cahaya. Listrik yang diperoleh dikonversikan menjadi sinyal cahaya dan dialirkan antar komputer yang terhubung dalam suatu jaringan skala besar. Hal ini menjadikan kabel Fiber Optik sangat cocok digunakan pada wilayah dengan banyaknya gangguan elektromagnetik.

Jika pada kabel Coaxial atau Twisted panjangnya kabel seringkali menjadi penghambat namun hal ini tidak berlaku bagi kabel Fiber Optik. Bahan baku yang terbuat dari serat kaca murni mampu membawa cahaya untuk mentransmisikan data secara terus menerus tanpa menghiraukan panjangnya kabel yang digunakan.

Intinya di dalam kabel Fiber Optik menggunakan cara kerja dengan memanfaatkan cermin untuk menghasilkan total internal reflection atau bahasa umumnya adalah refleksi total pada bagian serat kaca.

Itulah pengertian Fiber Optik yang perlu anda ketahui terutama jika anda ingin melakukan instalasi jaringan. Meskipun memiliki harga yang lumayan tinggi namun dengan melihat manfaat serta keuntungan yang diperoleh maka sangatlah wajar beberapa perusahaan besar lebih memilih jenis kabel ini.
 

 
 
 
Next Post Previous Post