Pengertian Sistem Operasi, Sistem Operasi Jaringan ,Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi

 

    Pengertian Sistem Operasi


    Sistem operasi atau Operating System (OS) merupakan sebuah program yang mengendalikan semua fungsi yang ada pada komputer. Berdasarkan penggunaanya sistem operasi dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu sistem operasi desktop dan sistem operasi jaringan.

        Sistem operasi desktop, yaitu sistem operasi yang banyak digunakan di kantor-kantor, Small Office|Home Office (SOHO) dengan jumlah user yang sedikit.

        Sistem operasi jaringan atau Network Operating System (NOS), yaitu sistem operasi yang didesain untuk dapat melayani user dalam jumlah besar untuk berbagai keperluan dan banyak digunakan pada perusahaan berskala besar.


 


    Sedangkan berdasarkan interface atau antarmuka sistem operasi dibedakan menjadi dua, yaitu sistem operasi berbasis text atau Command Line Interface (CLI) dan sistem operasi berbasis grafik atau Graphical User Interface (GUI) Interface. Antarmuka berfungsi sebagai perantara antara pengguna dengan sistem operasi supaya dapat saling berinteraksi.

        Command Line Interface (CLI)

        Command Line Interface (CLI) adalah antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan baris perintah atau text. Dalam berinteraksi dengan sistem operasi, pengguna hanya dapat menggunakan keyboard dengan cara mengetikkan perintah (command) tertentu. Pada umumnya, CLI dimanfaatkan apabila spesifikasi hardware komputer yang digunakan memilki spesifikasi minimum. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses instalasi. Contoh sistem operasi berbasis CLI adalah DOS/Command Prompt, Linux berbasis text, Cisco IOS (Internetwork Operating System) dan Mikrotik.

            Kelebihan Command Line Interface (CLI) :

                Performa lebih tinggi
                Lebih efisien dalam penggunaannya
                Hanya membutuhkan hardware yang minimalis
                 

            Kekurangan Command Line Interface (CLI) :

                Kurang menarik dan membosankan untuk pengguna awam
                Harus mengingat banyak baris perintah (Command) dalam penggunaanya
                Sering terjadi salah ketik
                 

        Graphical User Interface (GUI)

        Graphical User Interface (GUI) adalah antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan tampilan grafis. Sistem operasi jenis ini dikendalikan dengan menggunakan beberapa macam alat input seperti mouse, keyboard, dan touchscreen. Tampilan pada sistem operasi berbasis GUI terapat jendela, menu, tombol dan icon yang didesain menarik supaya pengguna lebih mudah dan nyaman dalam berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi tersebut. COntoh sistem operasi berbasi GUI adalah Windows, Macintosh, Linux Desktop dan Android.

            Kelebihan Graphical User Interface (GUI) :

                Memilki desain yang lebih menarik dan tidak membosankan
                Tidak perlu mengingat baris perintah (Command) dalam penggunaannya
                Tidak perlu mengetik karna dapat menggunakan mouse
                 

            Kekurangan Graphical User Interface (GUI) :

                Memilki performa yang lebih berat
                Membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih besar

                 

    Pengertian Sistem Operasi Jaringan
     

        Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.
         
        Sistem operasi jaringan adalah suatu jenis sistem operasi yang dikususkan untuk menangani jaringan. Sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.
         
        Sistem operasi jaringan merupakan suatu sistem sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan pengaturan ke pengguna yang memudahkan dan juga memberikan kenyamanan dalam pengaplikasian berbagai perangkat yang terhubung dengan jaringan tersebut.

         

    Perbedaan Sistem Operasi Jaringan dengan Sistem Operasi pada umumnya
     

        Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system; disingkat OS) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai daemon untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
         
        Sistem Operasi adalah sebagai dasar agar dapat menjalankan aplikasi-aplikasi atau seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem Operasi Jaringan adalah suatu sistem operasi yang mempunyai fungsi-fungsi jaringan.
         
        Sistem Operasi Jaringan merupakan suatu jenis sistem operasi yang memang ditujukan untuk menangani berbagai masalah jaringan. Sedangkan Sistem Operasi pada umumnya merupakan perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan memanajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar dari suatu sistem komputer. Atau dengan kata lain, Sistem Operasi ialah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur serta mengendalikan perangkat keras.
         

Next Post Previous Post