Menerapkan Sistem Operasi Jaringan,Materi ASJ

Sistem operasi  ialah suatu program yang mengatur seluruh guna yang terdapat pada pc. Sistem pembedahan jadi basis landasan pengembangan aplikasi buat user( pengguna). Secara universal seluruh sistem pembedahan mempunyai kegunaan sebagai berikut:


 

 


Pengendalian Fitur Keras


Akses terhadap bermacam fitur keras yang tersambung pada pc disediakan oleh sistem pembedahan lewat sesuatu aplikasi yang diketahui dengan sebutan driver. Tiap driver terbuat buat mengatur satu fitur keras. Instalasi aplikasi driver ini dicoba sendiri sistem pembedahan pada dikala instalasi maupun waktu fitur keras dihubungkan ke pc. Mekanisme instalasi secara otomatis dikala fitur dihubungkan ini diketahui dengan sebutan Plug and Play( PnP).


Pengelolaan File serta Folder


Perihal ini dimungkinkan oleh sistem pembedahan sebab pada dikala instalasi sistem pembedahan terdapat proses format buat harddisk. Lewat proses tersebut ruang harddisk hendak ditata sedemikian rupa sehingga mempunyai blok- blok tertentu buat menaruh file. Proses ini mirip semacam penempatan rak- rak pada ruangan kosong buat diisi buku- buku nantinya. Suatu file merupakan kumpulan blok yang silih terpaut serta mempunyai suatu nama. Folder ialah suatu penampung yang bisa berisi file- file maupun sub- folder yang lain. Tiap file- file yang terpaut dengan program pc ditempatkan dalam folder tertentu buat mempermudah pencarian file.


Manajemen Interaksi


User bisa memakai pc lewat aplikasi yang terdapat( terinstall) di pc. Tiap aplikasi sediakan interface buat menerima interaksi yang bisa jadi dari user. Ada 2 tipe interface yang bisa digunakan buat berhubungan dengan user, ialah:


Command Line Interface( CLI). Interaksi user dengan sistem dicoba dengan mengetikkan serangkaian kalimat perintah buat dikerjakan oleh pc.


Graphical User Interface( GUI). Disini interaksi user dicoba lewat sekumpulan menu serta icon yang bisa diseleksi oleh user buat membagikan bermacam perintah ke pc.


Manajemen Aplikasi


Tiap aplikasi yang dijalankan oleh sistem pembedahan dengan mencari posisi file program tersebut serta memindahkan isinya ke memori buat setelah itu mengirimkan tiap perintah pada file tersebut buat dijalankan oleh pc. Aplikasi user disini ialah aplikasi yang digunakan oleh user buat menuntaskan sesuatu tujuan tertentu. Guna manajemen pada aplikasi user ini bisa meliputi:


  • Install, proses menempatkan file- file program pada sistem pc tercantum konfigurasi program tersebut.

  • Uninstall, proses buat menghapus file- file program beserta konfigurasi dari pc.

  • Pembaharuan/ Upgrade, proses buat memperbarui file- file dari program yang sudah terinstall.

  • Tidak hanya mempunyai fungsi- fungi manajemen di atas, sistem pembedahan modern pula bisa mempunyai keahlian selaku berikut:

  • Multi user ataupun lebih user bisa bekerja sama buat silih berbagi gunakan pemakaian aplikasi serta sumber energi semacam printer pada waktu yang bertepatan.

  • Multi tasking– sistem pembedahan bisa melaksanakan lebih dari satu aplikasi user.

  • Multi processing– sistem pembedahan bisa memakai lebih dari satu CPU( Central Processing Unit).

  • Multi threading– tiap program bisa dipecah ke dalam thread- thread buat setelah itu bisa dijalankan secara terpisah( pararel) oleh sistem pembedahan. Keahlian ini pula tercantum bagian dari multi tasking pada aplikasi.

  • Bersumber pada jumlah bit- nya, sistem pembedahan dipecah jadi 2 berbagai, sistem pembedahan 32- bit serta sistem pembedahan 64- bit. Ada 2 perbandingan antara sistem pembedahan 32- bit serta 64- bit.

  • Sistem pembedahan 32- bit cuma sanggup menerima RAM optimal 3 GB, sebaliknya sistem pembedahan 64- bit sanggup memakai lebih dari 128 GB RAM.

  • Manajemen memori dari sistem 64- bit pula lebih baik, sehingga sanggup melaksanakan proses pada aplikasi lebih kilat.

  • Dilihat dari penggunaannya sistem pembedahan bisa dibedakan jadi 2 kelompok besar, ialah:

  • Sistem pembedahan desktop, yang banyak digunakan di kantor- kantor, Small Office/ Home Office( SOHO), dengan jumlah user yang sedikit.


Sistem pembedahan jaringan, Network Operating System( NOS), didesain buat bisa melayani user dalam jumlah besar buat bermacam keperluan serta banyak digunakan pada industri berskala besar.


Bersumber pada tata cara pengembangannya, system operasi dipecah atas 2 tipe, ialah:

  • Sistem Pembedahan Close Source( Proprietari) Sistem pembedahan proprietari ialah sistem pembedahan yang dibesarkan secara internal oleh seorang, perkumpulan maupun industri. Sistem pembedahan yang terkategori proprietari ini merupakan Windows serta Mac Os.

  • Sistem Pembedahan Open Source( Terbuka) Sistem Pembedahan Terbuka ialah sistem pembedahan yang kode programnya dibuka buat universal sehingga bisa dibesarkan oleh yang yang lain. Sistem pembedahan yang tercantum terbuka merupakan UNIX, Linux serta turunannya. Linux sendiri mempunyai banyak varian, semacam Debian, Slackware, Redhat serta SuSE. Varian ini lebih diketahui dengan nama distro.


B. Sistem Pembedahan Jaringan( Network Operating System/ Workstation)

Sistem pembedahan jaringan merupakan pengelola segala sumber energi yang ada pada sistem pc serta sediakan sekumpulan layanan( Website, FTP, DNS, serta lain- lain) buat mempermudah serta berikan kenyamanan dalam pemakaian serta pemanfaatan sumber energi sistem pc.


Sistem pembedahan jaringan ataupun sistem pembedahan pc yang dipakai selaku server dalam jaringan pc nyaris mirip dengan sistem pembedahan pc stand alone. Kelainannya, pada sistem pembedahan jaringan, salah satu pc wajib berperan selaku server untuk pc yang lain.


  • Pc Server merupakan pc yang sediakan sarana untuk komputer- komputer lain di dalam jaringan.

  • Pc Client( klien) merupakan komputer- komputer yang menerima ataupun memakai sarana yang disediakan oleh server.


Sistem operasi jaringan mempunyai ciri selaku berikut:


  • Menunjang pemakaian oleh lebih dari satu user.

  • Melaksanakan aplikasi yang sanggup digunakan oleh lebih dari satu user.

  • Normal( robust), dimana kecil mungkin buat ada error pada program. Robustness merupakan sebutan buat menampilkan keahlian sesuatu sistem pc menanggulangi permasalahan yang terjalin sepanjang digunakan oleh user.

  • Mempunyai tingkatan keamanan informasi yang lebih besar dari sistem pembedahan desktop.


Next Post Previous Post