Pengertian VLAN (Virtual Local Area Network)

 


Tujuan dari Materi kali ini, untuk Memudahkan dan penghematan cost/biaya dalam perancangan jaringan.masih semangat ka


VLAN

 
VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sebuah metode untuk membuat jaringan secara tersusun sendiri-sendiri didalam suatu jaringan LAN yang saling komunikasi, VLAN sendiri masih berada dalam satu area pada jaringan LAN,sehingga dalam suatu jaringan LAN kita dapat membuat beberapa VLAN.
Dari kesimpulan diatas mengenai definisi VLAN,yakni kita dapat membuat suatu jaringan didalam jaringan.


Analogi Mengenai VLAN
Didalam  suatu kelas ada 48 orang siswa,nah dari 48 siswa tersebut dipecah atau dikelompokan kembali menjadi beberapa kelompok,misal dari absen 1-10 kelompok A,absen 11-20 kelompok B dan seterusnya.begitupun juga mengenai vlan misalnya port 1-5 vlan10,port 6-10 vlan20 Jadi,udah pada paham definisi VLAN Kan?? udahlah pastinya mah hehe
 

Manfaat VLAN
  • Perfomance Mengurangi Beban traffic dalam tujuan pengiriman data.    
  • Mempermudah Administrator Jaringan
  • Vlan memudahkan untuk mengelola jaringan karena pengguna dengan persyaratan jaringan yang sama berbagi VLAN yang sama.


    Keamanan


VLAN bisa membatasi Pengguna yang bisa mengakses suatu data., sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penyalahgunaan hak akses.


Jenis -Jenis VLAN


  •     Port Based


Dengan melakukan konfigurasi pada port dan memasukkannya pada kelompok VLAN sendiri. Apabila port tersebut akan dihubungkan dengan beberapa VLAN maka port tersebut harus berubah fungsi menjadi port trunk (VTP).


  •     MAC Based


Membership atau pengelompokan pada jenis ini didasarkan pada MAC Address .Tiap switch memiliki tabel MAC Address tiap komputer beserta kelompok VLAN tempat komputer itu berada.


  •     Protokol Based

Karena Vlan bekerja pada layer 2 OSI maka penggunaan protokol IP sebagai dasar vlan saja.


  •     IP Subnet Address Based


Selain bekerja pada layer 2 OSI Vlan juga  bekerja pada layer 3 OSI,Sehingga Alamat subnet dapat digunakan sebagai dasar vlan.


  •     Authentication Based

    Device atau perangkat yang kita gunakan bisa diletakkan secara otomatis dalam jaringan vlan yang didasarkan pada autentikasi user menggunakan protokol 802.1x.



Next Post Previous Post