Konsep Dasar Multimedia,Pengertian Multimedia Pembelajaran

 A. Pengertian Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)


Apa yang Anda pikirkan ketika pertama kali mendengar istilah multimedia pembelajaran interaktif? Apakah yang ada di pikiran Anda adalah sebuah program atau aplikasi berupa CD interaktif? Atau mungkin sebuah komputer yang berisi aplikasi pembelajaran yang dioperasikan oleh siswa? Ya, berbagai definisi yang saat ini Anda bayangkan, mungkin merupakan salah satu bentuk multimedia pembelajaran interaktif. Namun, sebelum menyimpulkan hal tersebut, marilah kita simak beberapa pengertian multimedia pembelajaran interaktif berikut ini. Sebelum mendefinisikan kata “multimedia pembelajaran interaktif”, terlebihdahulu mari kita cermati komponen-komponennya terlebih dahulu, yakni terdiri dari kata multimedia, pembelajaran, dan interaktif. Masing-masing kata memiliki definisi yang akan berkaitan satu sama lain untuk dapat merumuskan definisi multimedia pembelajaran interaktif. Apa itu multimedia? Menurut definisi Ivers & Barron (2002)

 


 

Multimedia adalah penggunaan beberapa jenis media seperti gambar, teks, animasi, video dan suara yang dikombinasikan untuk menampilkan informasi. Commonwealth Educational Media Center for Asia (2003) mendefinisikan multimedia sebagai salah satu wujud penggunaan media terpadu yang dapat menyajikan beragam informasi (audio, video, grafis, teks, animasi, dsb.) dalam sebuah medium yang mampu memberikan banyak pengalaman belajar serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran dengan jenis materi yang lebih kompleks dibandingkan hanya menggunakan satu jenis media. Multimedia dianggap sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik berdasarkan upaya yang menyentuh berbagai panca indera: penglihatan, pendengaran, dan sentuhan. 

Pembelajaran tentunya bertujuan untuk dapat memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik.Pembelajaran merupakan sebuah interaksi antar komponen- komponen pembelajaran (guru, siswa, media, kurikulum, lingkungan, dan tujuan pembelajaran) sehingga terciptanya pengalaman belajar yang dibutuhkan peserta didik. Pembelajaran yang baik, diukur dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, diperlukan dukungan dari masing-masing komponen.

salah satunya media pembelajaran. Media pembelajaran dapat memberikan berbagai pengalaman belajar yang bervariasi dan konten-konten pembelajaran yang dapat mendukung penyampaian materi oleh guru. Penggunaan berbagai jenis media, yakni berupa multimedia, dapat memberikan berbagai pengalaman belajar melalui berbagai format media.

B. Karakteristik Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)

Setiap produk pasti memiliki karakteristik khusus yang akan membedakan produk tersebut dengan produk sejenis lainnya, begitu juga dengan multimedia pembelajaran. Apakah yang membedakan sebuah multimedia pembelajaran dapatdigolongkan sebagai jenis MPI atau bukan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mengidentifikasi beberapa karakteristik khusus MPI agar dapat mengidentifikasi apa saja yang menjadi karakteristik sekaligus tanda bahwa sebuah multimedia dapat dikatakan interaktif.Karakteristik multimedia pembelajaran interaktif (MPI) tidak dapat dipisahkan dari peran dan kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, secara umum sebuah MPI harus memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Memiliki lebih dari satu jenis media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual. Untuk dapat dikatakan sebagai MPI, setidaknya dalam program atau aplikasi tersebut menyajikan dua jenis media.

2. Bersifat interaktif, yang berarti memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna atau siswa. Kegiatan mengakomodasi respon ini terdiri darikontrol pengguna untuk mengoperasikan MPI serta respon (feedback) dariprogram.

3. Bersifat mandiri, memberikan kemudahan dan kelengkapan isi sehinggampengguna bisa menggunakannya tanpa harus dibimbing orang lain. Pada praktiknya dalam pembelajaran, MPI perlu dirancang bersifat mandiri agar siswa dapat belajar secara lebih leluasa. Karakteristik MPI juga dapat ditunjang dari segi fungsi yang diperankannya untuk mendukung proses pembelajaran. Untuk menghasilkan MPI yang mampu mendukung proses pembelajaran, menurut Munir (2013) sebaiknya MPI memenuhi fungsi sebagai berikut:

1. Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.

2. Mampu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengontrol laju

kecepatan belajarnya sendiri.

3. Memperhatikan bahwa peserta didik mengikuti suatu urutan yang koheren dan

terkendalikan.

4. Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain lain. Setelah mencermati karakteristik dan fungsi multimedia pembelajaran interaktif, apakah Anda menemukan adanya perbedaan kemampuan antara MPI dengan jenis media lainnya? Berikut ini merupakan beberapa kemampuan MPI dibandingkan dengan jenis media lainnya.

1. Multimedia menyediakan proses interaktif dan memberikan kemudahan umpan balik.

2. Multimedia memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam menentukan topik proses belajar.

3. Multimedia memberikan kemudahan kontrol yang sistematis dalam proses belajaran



Next Post Previous Post