MODUL LENGKAP TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN” - XI TKJ (SEMESTER 1)
MODUL “TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN” - XI TKJ (SMSTR 1)
Definisi :Komunikasi audio video (audio visual) adalah suatu bentuk komunikasi yg merupakan gabungan antara komunikasi audio dan komunikasi video. Komunikasi dapat ditangkap melalui alat pendenganran dan penglihatan atau visual.
Contoh :
Televisi, Video Call, Video Conference / Teleconference.
Keuntungan:
Kita bisa berkomunikasi atau bertemu dengan seseorang atau berkumpul dan
berinteraksi di suatu tempat di zona yg berbeda atau ditempat yg berbeda,
tanpa harus berada di zona atau tempat yg bersamaan.
MODUL “TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN” - XI TKJ (SMSTR 1)
1.1.4 Komunikasi Data
Definisi : Komunikasi data proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet.Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer,komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan dengan peralatan..
Contoh :
Jaringan internet, jaringan komputer, dll.
MODUL “TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN” - XI TKJ (SMSTR 1)
B. Soal Latihan
1. Suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran adalah?
2. Yang termasuk komunikasi video adalah ?
3. Sebutkan tujuan komunikasi data ?
4. Radio merupakan salah satu model komunikasi ?
5. Apa kepanjangan dari ASCII ?
BAB 2
Standar Komunikasi
2.1 Standar Organisasi dalam bidang Komunikasi Data
2.1.1 Standar Organisasi Internasional dalam bidang Komunikasi Data
Standar suatu komunikasi diperlukan agar terdapat keseragaman, sehingga komunikasi memungkinkan untuk dilakukan. Berikut beberapa organisasi standar yang berperan dalam jaringan komputer.
1. Internet Engineering Task Force (IETF).
Merupakan sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak (baik itu individu ataupun organisasi) yang tertarik dalam pengembangan jaringan komputer dan Internet. Organisasi ini diatur oleh IESG (Internet Engineering Steering Group), dan diberi tugas untuk mempelajari masalah-masalah teknik yang terjadi dalam jaringan komputer dan Internet, dan kemudian mengusulkan solusi dari masalah tersebut kepada IAB (Internet Architecture Board). Pekerjaan IETF dilakukan oleh banyak kelompok kerja (disebut sebagai Working Groups) yang berkonsentrasi di satu bagian topik saja, seperti halnya keamanan, routing, dan lainnya. IETF merupakan pihak yang mempublikasikan spesifikasi yang membuat standar protokol TCP/IP.
2. International Telecommunications Union (ITU)
ITU (International Telecommunication Union) merupakan sebuah organisasi internasional untuk membakukan atau memastikan dan meregulasi radio internasional dan telekomunikasi, baik di bidang layanan, media dan jaringan yag dipakai, sehingga sebuah jalinan telekomunikasi dapat berjalan lancar. Dengan tujuan untuk menstandarisasi, pengalokasian spektrum radio, dan mengorganisasikan perjanjian rangkaian interkoneksi antara negara-negara berbeda untuk memungkinkan penggilan telepon internasional. ITU (International Telecommunication Union) sendiri merupakan bentukan dari perwakilan pemerintah Eropa pada tahun 1865 dan berdirilah ITU di Paris pada tanggal 17 Mei 1865. Dan ITU diketua oleh Sekertaris Jendral Dr. Hamadoun I Toure sejak tahun 2006 hingga sekarang, yang merupakan jabatan pada periode ke-2. Sehingga pada tahun 1947 ITU menjadi badan Perserikatan Bangsa – Bangsa. ITU dibagi menjadi 3 yakni:
1. ITU-T (International Telecommunication Union of Telecommunication)
2. ITU-R
3. ITU-D
a. ITU-T (International Telecommunication Union of Telecommunication)
Adalah standar internasional dibidang Telekomunikasi baik itu telepon
dan data. Sejak tahun 1956 – 1993 ITU-T dikenal sebagai CCITT (Comite
Consulatif international telegraph of telephone). Tugas ITU-T adalah
membuatrekomendasi teknis tentang telepon, telegraf, dan antar muka
komunikasi data. Standar-standar yang diakui secara internasional sering menjadi penentu penempatan dan makna dari berbagai pin pada konektor yang digunakan oleh kebanyakan asyncronous terminal dan modem eksternal. ITU-T memiliki empat anggota, yaitu:
Pemerintahan
Perusahaan
Asosiasi
Peraturan Lembaga
Terdapat juga 500 anggota sektor yang bergabung dengan ITU-T, termasuk perusahaan telepon, produsen pralatan telekomunikasi, vendor komputer, produsen chip, dan perusahaan media. Termasuk berbagai organisasi ilmiah nirlaba dan konsorsium industri.
Adapun beberapa contoh dari Standar ITU-T, yakni:
JPEG (Joint Photographic Expert Group ), merupakan standar
kompresi file yang dikembangkan menggunakan kombinasi DCT dan pengkodean Huffman untuk mengompresikan suatu file citra yang bersifat lossy atau kurang baik.
MPEG (Motion Picture Expert Group), merupakan standar
pengkodean layanan video. MPEG sendiri mulai pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1998, dengan standar utamanya adalah basis internet yakni streaming media.
H.323. Pada tahun 1996 H.323 dibentuk untuk dapat membantu
pengembangan layanan VoIP. Fungsinya adalah untuk mempermudah pengiriman layanan suara, gambar dan data melalui jaringan computer (internet).
G.709. Fungsi dari G.709 adalah untuk mengimplementasikan penggunaan kabel fiber optik. Adapun tujuan dari standar ITUG.709 ada tiga macam, yakni :
1. Mendefinisikan optik hierarki transportasi OTN,
2. Mendefinisikan fungsi dari overhead dalam mendukungmultiwavelength jaringan optik,
3. Mendefinisikan kerangka struktur, bit rate dan format untuk pemetaan sinyal klien.
b. ITU-R (International Telecommunication Union of Radiocommunication)
Merupakan salah satu standar internasional dibidang radiokomunikasi. Dimana ITU-R ini menstandarisasikan komunikasi gelombang radio serta frekuensinya secara internasional.
c. ITU-D (International Telecommunication Union of Development)
ITU-D bergerak dibidang pengembangan. Tugasnya pun untuk menstandarisasikan secara internasional perkembangan-perkembangan dunia telekomunikasi, baik dari segi jaringan, teknologi maupun layanannya.
4. International Organization for Standardization (ISO).
ISO adalah organisasi standarisasi internasional yang bertugas membua standar dari berbagai bidang termasuk jaringan komunikasi data. Salah satu standar yang terkenal adalah model OSI (Open System Interconnection).
4. American National Standards Institute (ANSI).
Lembaga ini mengawasi pembuatan dan penggunaan ribuan norma dan pedoman yang secara langsung berdampak bisnis di hampir setiap sektor. Lembaga tersebut juga mengkoordinasikan standar Amerika Serikat dengan standar internasional sehingga produk-produk Amerika Serikat dapat digunakan di seluruh dunia.
Lembaga tersebut memberi akreditasi untuk standar yang dikembangkan oleh perwakilan dari lembaga pengembang standar, instansi pemerintah, kelompok konsumen, perusahaan, dan lain- lain. Standar tersebut memastikan agar karakteristik dan kinerjaproduk yang konsisten sehingga masyarakat menggunakan definisidan istilah yang sama, dan produk diuji dengan cara yang sama.ANSI juga memberi akreditasi bagi organisasi yang melaksanakansertifikasi produk atau personel sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam standar internasional.
5. Electronic Industries Association (EIA).
EIA merupakan perkumpulan/ asosiasi produsen perangkat komunikasi.
bertanggung jawab untuk pengembangan dan perawatan standar industri
untuk antarmuka antara peralatan pemrosesan data dan komunikasi data,
untuk memastikan peralatan yang diproduksi oleh produsen yang berbeda
tetap kompatibel. Contohnya adalah RS-232 adalah standard komunikasi
serial yang digunakan untuk koneksi periperal ke periperal.
6. Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE).
IEEE adalah organisasi profesi yang membuat berbagai standar termasuk
dalam bidang jaringan komunikasi data. Contohnya adalah IEEE 802.3 and
IEEE 802.5 standar yang digunakan pada LAN.
2.2 Model Open Systems Interconnection (OSI) - 7 layer
Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International
Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika
terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan.
Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat
berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.
Dalam arsitektur jaringan komputer, terdapat suatu lapisan-lapisan (layer) yang
memiliki tugas spesifik serta memiliki protokol tersendiri. Serta dalam mendesain
suatu jaringan kita harus memperhatikan arsitektur standar yang telah dibuat oleh
sebuah badan dunia (ISO).
2.2.1 Layer Physical Layer physical
Merupakan layer kesatu atau layer bawah pada model referensi OSI layer.
Pada layer ini data diterima dari data link layer berupa Frame yang dan diubah
menjadi Bitstream yang akan dikirim ketujuan berupa sinyal melalui media
komunikasi. Lapisan ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface
Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. Pada penerima,
layer ini akan mengubah sinyal dari pengirim menjadi Bit dan sebelum dikirim
ke data link layer Bit diubah menjadi Byte.
Fungsi
Bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui
media, seperti kabel, dan menjaga koneksi fisik antar sistem. Memindahkan bit
antar devices.
Protocol pada layer physic adalah Organizations: IEE, TIA/ETA, ANSI,
etc.Cable (ie. RJ45)
Perangkatnya yaitu Hubs, NIC (Layers 1 & 2), Media: Coax, Fiber,
Unshielded Twisted Pair, Wireless.
2.2.2 Layer Data Link
Merupakan layer kedua pada model referensi OSI layer. Pada layer ini data
diterima dari network layer berupa Paket yang kemudian diencapsulasi
menjadi Frame, dengan memberikan layer-2 header. Dan kemudian dikirim ke
phisycal layer untuk diteruskan ke penerima. Pada penerima, layer ini
mengubah byte menjadi frame, frame header (isi dari frame) akan dilepas
(dekapsulasi), kemudian dikirim ke network layer menjadi Paket. Spesifikasi
IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).
Struktur Frame
Preamble : digunakan untuk sinkronisasi, memiliki delimiter penanda
akhir dari timing.
Destination dan Source : 48 bit biner alamat MAC address.
Type : informasi protokol layer 3 yang dibawa.
Data : berisi PDU (protocol Data Unit) layer 3 yang dibawa (berupa
karakter ascii yang berisi pesan) Frame Check Sequence : informasi untuk
melakukan error check.
Fungsi
Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi
format yang disebut sebagai frame. Koreksi kesalahan, flow control.
Pengalamatan perangkat keras (seperti halnya di Media Access Control
Address ( MAC Address) Menentukan bagaimna perangkat perangkat jaringan
seperti hub, bridge, repeater dan switch layer 2 beroperasi.
o Protocol yang ada pada leyer ini adalah LLC dan MAC, 802.3 CSMA/CD
(Ethernet), 802.4 Token Bus (ARCnet), 802.5 Token Ring, 802.12 Demand
Priority.
o Perangkatnya adalah Bridges, Switches, NIC / Lan Card.
2.2.3 Layer Network
Merupakan layer ketiga pada model referensi OSI layer. Layer ini berfungsi
sebagai mengantarkan paket ke tujuan, yang dikenal dengan Routing. Layer ini
mengontrol paket yang akan dikirim ke data link layer dengan cara mencari
route yang paling murah dan cepat
Fungsi
Mendefinisikan alamat-alamat IP. Menentukan rute yang harus diambil selama
perjalanan melalui menggunakan router dan switch layer 3. Menjaga antrian
trafik di jaringan.
o Protocol pada layer ini yaitu : Routing, IP
o Perangkat Network layer : Router
2.2.4 Layer Transport
Bertugas melakukan proses transportasi dari data dan juga aket data yang
ditransmisikan melalui sebuah jaringan komputer.
Fungsi
Menerima data dari session layer. Fungsi pertama dari transport layer ini
adalah menerima data yang dikirimkan melalui session layer.
Memecah data menjadi bagian – bagian yang lebih kecil.
Memecah data atau paket data ke dalam bentuk paket yang lebih kecil.
Proses ini dilakukan untuk mempermudah proses pengiriman alias
transmisi data yang berjalan di dalam jaringan komputer tersebut. Dengan
adanya proses pemecahan data ini, maka setiap data diyakini tidak akan
mengalami corrupt atau mengalami proses trasnmisi yang sangat lambat
akibat besarnya ukuran data besar.
Meneruskan data ke network layer untuk diberi header (judul).
Memastikan bahwa semua data yang dapat tiba di tujuan dengan tepat
Mengirim segment dari satu host ke host yang lain Fungsi berikutnya dari
transport layer adalah melakukan proses pengiriman segment dari satu
host menuju host yang lain. segment sendiri merupakan bagian dari
pecahan-pecahan data yang sudah diproses di dalam transport layer.
Dengan begitu, setiap pecahan data tersebut nantinya akan diterima di
host lain.
Memastikan realibilitas data. Reliabilitas merupakan sebuah kondisi
dimana sebuah data adalah benar adanya, dan berisi sesuai dengan
spesifikasinya. Tugas dari transport layer adalah memastikan hal tesebut.
Jadi, transport layer akan mengecek, apakah data yang diolah dan juga
diproses di dalam transport layer sudah sesuai dan sudah reliabel. Apabila
hal ini sudah selesai, maka transport layer kemudian akan mengirimkan
pecahan data atau paket data tersebut menuju layer berikutnya untuk
diproses lebih lanjut.
Mengatur lalu lintas dari sebuah jaringan, Mengatur lalu lintas kecepatan
data yang ditransmisikan melalui jaringan komputer. Hal ini dilakukan
agar setiap perputaran dan traffic dapat berjalan dan ditransmisikan
dengan lancar, dan juga diaplikasikan untuk mencegah terjadinya
kemacetan apabila jaringan sedang berada pada kondisi yang sangat padat
dan berpotensi mengalami kemacetan jaringan.
Protocol : Connection Oriented (Transmision Control Protocol /TCP),
Connectionless (User Datagram Protocol /UDP)
2.2.5 Layer Session
Merupakan layer kelima pada model referensi OSI layer. Lapisan ini
membuka, merawat, mengendalikan dan melakukan hubungan antar host
didalam suatu jaringan.
Fungsi
Melakukan komunikasi pada sebuah jaringan. Sebuah jaringan, merupakan
bentuk komunikasi antar komputer. Agar dapat membangun komunikasi
dibutuhkan sebuah lapisan yang dapat mengolah sistem komunikasi yang
terjalin diantara semua komputer tersebut. Pembentukan hubungan. Apabila
session layer sudah berhasil untuk membentuk komunikasi antar komputer di
dalam sebuah jaringan, maka tugas session layer berikutnya adalah
membentuk hubungan diantara tiap-tiap komputer. Pemindahan dan
pertukaran data. Ketika terjadi komunikasi antar komputer di dalam sebuah
jaringan, maka pada saat itu pula terjadilah suatu proses transmisi data, yang
tidak lain merupakan salah satu bentuk dari proses pertukaran data di dalam
sebuah jaringan. Pemutusan hubungan di dalam sebuah jaringan. Memutuskan
dan menyudahi hubungan di dalam sebuah koneksi jaringan komputer. Jenis
Komunikasi pada layer session : simplex, half-duplex, dan full-deplex.
Protokol pada Session Layer :
NETBIOS (Network Basic Input/Output System) merupakan protocol
yang difungsikan untuk mengirimkan pesan secara serempak ke dalam
komputer lain yang terkoneksi dengan jaringan komputer yang sama),
NETBEUI (NetBIOS Extended User Interface) merupakan pengembangan
dari NETBIOS, memiliki fungsi yang sama persis dengan NETBIOS, hanya
saja memiliki sedikit kelebihan dibandingkan dengan NETBIOS, yaitu
memiliki kompatibilitas dengan perangkat keas dan juga perangkat lunak
yang lebih bervariasi) ,
ADSP (Apple Talk Data Stream Protokol, protocol ini bertugas untuk
memeriksa dan juga mengecek apakah terdapat jalur komunikasi yang
putus atau tidak, dan memastikan bahwa jalur komunikasi telah
terhubung dan juga berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.
ISO-SP: OSI Session Layer Protocol
PPTP: Point-to-Point Tunneling Protocol
RPC: Remote Procedure Call Protocol
RTCP: Real-time Transport Control Protocol
Perangkat : pada layer ini berperan perangkat lunak tidak langsung
melibatkan perangkat keras.
2.2.6 Layer Presentation
Layer presentation ini memiliki fungsi utama sebagai penerjemah, yaitu
menterjemahkan aplikasi menjadi bentuk data yang akan ditransmiiskan ke
layer – layer berikutnya, dan juga sebaliknya, yaitu mentranslasikan atau
menterjemahkan data – data ke dalam bentuk aplikasi. Presentation layer juga
merupakan lapisan dimana data mulai disajikan dalam bentuk bentuk tertentu
(format) seperti misalnya format JPEG untuk gambar, Doc, xls, dan sebagainya.
Fungsi
Melakukan enkripsi data atau pesan. Proses enkripsi data merupakan
proses yang dilakukan untuk mengamankan data dan pesan yang akan
ditransmisikan untuk menjaga keamanan pesan atau data tersebut. Ketika
bertindak sebagai receiver, maka presentation layer memiliki fungsi untuk
melakukan deskripsi, yaitu membuka enkripsi dari suatu pesan ataupun
data.
Melakukan proses kompresi dan dekompresi. Proses kompresi merupakan
proses pemadatan atau pengecilan suatu data, sehingga data tersebut
dapat dengan mudah diteruskan ke dalam sebuah jaringan. Sedangkan
proses dekompresi dilakukan untuk membuka dan memperjelas data yang
akan diterima dan akan diteruskan ke application layer. Proses ini terjadi
ketika lapisan presentation layer ini akan menerima data yang akan
ditampilkan pada application layer (proses user sebagai receiver data).
Melakukan proses pemformatan pada bentuk – bentuk grafis. Beberapa
data ditransmisikan dalam bentuk grafis, atau beberapa aplikasi
mengharuskan sebuah data ditampilkan dalam bentuk grafis, dan begitu
pula sebaliknya. fungsi dari presentation layer adalah untuk memformat
bentuk – bentuk grafis yang masuk ke dalam jaringan tersebut.
Mentranslasi data. Proses translasi ini dilakukan agar setiap data atau
konten yang disalurkan melalui jaringan dapat diidentifikasi dan
didefinisikan oleh tiap – tiap lapisan pada model OSI layer dan dimengerti
oleh keseluruhan jaringan.
Menyajikan data. Membantu menyajikan data yang ada, baik ketika akan
ditampilkan ke dalam layer application, maupun ketika akan diteruskan ke
lapisan session layer.
Menentukan tipe data. Menentukan tipe data yang akan ditransmisikan,
baik yang ditransmisikan menuju application layer, ataupun
ditransmisikan menuju session layer. Beberapa jenis tipe data yang
didefinisikan oleh presentation layer ini adalah tipe data berupa gambar,
video dan juga text, kode enkripsi dari suatu data.
Protokol : VTP(Virtual Terminal Protokol) yang berfungsi melakukan
proses translating atau penterjemahan karakteristik terminal menjadi
bentuk standar. Enkripsi Kriptografi
2.2.7 Layer Application
Menyediakan interface atau antar muka atau aplikasi yang digunakan untuk
melakukan komunikasi di dalam jaringan, dan kemudian membantu
mengirimkan dan menerima pesan yang dikirimkan di dalam jaringan
tersebut. Layer ini merupakan lapisan yang paling dekat dengan user
komputer, karena di dalam sistem jaringan komputer, application layer bisa
menjadi awal dan juga bisa menjadi akhir lapisan, dan selalu terkait dengan
berbagai macam aplikasi dan software di dalam komputer, seperti email client,
web browser dan sebagainya.
Fungsi
Sebagai alat pengumpul informasi dan data yang dikrimkan melalui jaringan.
Ketika user akan menerima data (receiver / recipient) maka application layer
akan mengumpulkan seluruh data yang telah sampai untuk kemudian
dimunculkan di dalam aplikasi tertentu. Begitupun sebaliknya, ketika user
akan mengirimkan data, maka application layer akan mengumpulkan
keseluruhan data di dalam aplikasi tertentu, dan kemudian meneruskan data
tersebut ke presentation layer untuk didefinisikan dan diproses lebih lanjut ke
dalam jaringan. Sebagai user interface dalam menampilkan data dan informasi.
Setelah presentation layer menyajikan data, application layer akan bekerja
dalam menampilkan data yang tersaji tersebut di dalam sebuah user interface
(bisa sebuah aplikasi, program, ataupun sistem – sistem tertentu), sehingga
data yang tersaji bisa dilihat dan diamati langsung oleh usernya.
Protocol :
HTTP (Hypertext Transfer Protokol).Merupakan protocol yang digunakan pada web browser untuk mengambil atau memanggil sebuah halaman atau situs website yang disusun dengan menggunakan sistem HTML. HTTP merupakan protocol yang tersambung ke dalam WWW atau world wide web, dan merupakan bagian penting dari protocol internet (TCP/IP).
SMTP (Simple Mail Trasnfer Protocol) / POP3 (Post Office Protocol versi 3) SMTP dan juga POP3 adalah salah satu protocol yang penting dalam hal berkirim surat elektronik atau email. SMTP digunakan sebagai protokol yang membantu mengirimkan email ke dalam mail server, sedangkan POP3 merupakan protocol yang digunakan untuk mngambil dan membuka email yang terdapat di dalam mail server.
FTP (File Transfer Protokol). Digunakan untuk melakukan pengiriman
atau pentransferan data di dalam sebuah jaringan internet. Dengan
menggunakan protocol FTP ini, maka user dapat mengirimkan file dan
juga data ke komputer lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi saja,
tanpa perlu repot menggunakan flash drive.
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Digunakan untuk
membantu melakukan konfigurasi alamat IP dari komputer secara
otomatis di dalam sebuah jaringan komputer.
Telnet (Telecommunication Network). Digunakan untuk melakukan akses
jarak jauh terhadap suatu komputer (remote). Dapat menjalankan
komputer dari jarak jauh tanpa perlu meremote langsung ke tempat
dimana komputer itu berada.
STANDAR INTERNET
Internet Engineering Task Force (IETF) merupakan organisasi paling teratas
yang berfungsi untuk mempromosikan internet dan menyetujui protocol-protocol
yang akan digunakan sebagai standard protocol di internet dan bertanggung jawab
dalam teknologi internetworking beserta aplikasi-aplikasinya.
ISOC berdiri pada tahun 1992 yang dikomandani oleh Vinton G. Cerf (penemu
konsep TCP/IP dan Bapak Internet). Informasi lengkap tentang ISOC ini dapat
diperoleh pada websitenya www.isoc.org Internet Architecture Board (IAB)
merupakan badan penasehat bagi ISOC dalam memutuskan suatu standard yang
akan diterapkan di Internet. Informasi lengkapnya bisa diperoleh di www.iab.org
Internet Assigned Numbers Authority (IANA) adalah unit kerja yang berada di
bawah IAB yang bertugas untuk mengatur masalah IP Address, DNS, dan registrasi
protocol dan penomoran lainnya yang berlaku pada IP. IANA juga mendelegasikan
beberapa wewenang ke beberapa unit kerja yang berada di bawahnya, seperti
Internic, ICANN, Apnic, ARIN dan lain-lain. Anda dapat mengunjungi websitenya
dengan alamat www.iana.org
Internet Research Task Force (IRTF) adalah unit kerja yang berada di bawah
IAB yang bertugas untuk melalukan penelitian-penelitian terhadap protocol
internet, aplikasi, arsitektur dan teknologi internet, baik untuk jangka pendek
maupun jangka panjang serta mempromosikan hasil-hasil penelitian tersebut.
Silahkan kunjungi websitenya dengan alamat www.irtf.org Internet Engineering
Task Force adalah unit kerja yang berada di bawah IAB yang terdiri dari orang-
orang yang berkonsentrasi untuk mengembangkan aplikasi dan arsitektur internet
kedepannya. Salah satu tugasnya adalah menerbitkan RFC (request for comment)
atas suatu protocol atau standard yang diusulkan oleh seseorang untuk
dikomentari oleh publik atas persetujuan dari IAB. Websitenya adalah Badan
Pengatur Internet.
Ada 4 Badan yang bertanggung jawab dalam mengatur, mengontrol serta
melakukan standarisasi protokol yang digunakan di Internet, yaitu Internet Society
(ISOC), Internet Architecture Board (IAB), Internet Engineering Task Force (IETF),
dan Internet Research Task Force (IRTF).
1. Internet Society (ISOC) , adalah badan personal yang mendukung,
memfasilitasi, serta mempromosikan pertumbuhan internet. Sebagai
Infrastruktur komunikasi global untuk riset, badan ini juga berurusan dengan
aspek sosial dan politik dari jaringan internet.
2. Internet Architecture Board (IAB) adalah badan koordinasi dan penasehat
teknis bagi Internet Society (ISOC). Badan ini bertindak sebagai review teknik
dan editorial akhir semua standar internet. Badan ini memiliki otoritas untuk
menerbitkan dokumen standar internet yang dikenal dengan Request For
Comment (RFC). Tugas lain dari badan ini ialah mengatur angka-angka dan
konstanta yang digunakan dalam protokol internet seperti nomor port, tipe
hardware, ARP (Address Resolution Protocol), dll. Tugas ini dilegalasikan ke
lembaga yang disebut IANA (Internet Assigned Numbers Authority).
3. Internet Engineering Task Force (IETF) ialah badan yang berorientasi untuk
membentuk standar Internet. Badan ini dibagi menjadi sembilan kelompok
kerja (misalnya aplikasi, routing dan addressing, keamanan komputer) dan
bertugas menghasilkan standar-standar internet. Untuk mengarur kerja badan
ini, dibentuk badan Internet Engineering Steering Group (ISEG).
4. Internet Research Task Force (IRTF) memiliki orientasi pada riset-riset jangka
panjang.
A. Soal Latihan
1. Pengertian standar komunikasi organisasi?
2. Pengertian Protokol adalah?
3. Pengertian OSI/RM yaitu?
4. Pengertian TCP/IP yaitu?
5. Media komunikasi internet untuk bertatap muka yang terpisah oleh jarak
dan waktu ialah?
Bab 3
Proses Komunikasi
4.1 Komunikasi Pada Jaringangan Komputer dan Telepon
4.1.1 Komunikasi Pada Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar
komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar
dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta
dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan
disebut klien dan yang memberikan/mengirim layanan disebut server.
Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir
seluruh aplikasi jaringan komputer.
Cara Kerja
Sinyal listrik maupun sinyal dalam bentuk gelombang elektromagnetik pada
suatu jaringan komputer merambat / memancar dengan prinsip kerja
jaringan komputer.
Agar suatu jaringan dapat saling bertukar informasi data, diperlakukan suatu
alat yang disebut modem (modulator demodulator) yang berfungsi untuk
mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, maupun sebaliknya.
Ada 4 komponen utama pada komunikasi jaringan komputer
Sender : suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang,
kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan
menggunakan informasi.
Protokol : sebuah aturan atau standar yang mengatur atau
mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data
antara dua atau lebih titik komputer.
Media transmisi : media yang menghubungkan antara pengirim dan
penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih
dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan
dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali
menjadi data
Receiver : Receiver (penerima pesan) adalah pihak yang menjadi
sasaran pesan yang dikirimkan oleh sumber (komunikator). Pertama
tama sender mengirimkan sinyal informasi menuju receiver melalui
protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua
di decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver
dalam hal ini protokol dapat di istilahkan seperti penerjemah
informasi data.
4.1.2 Komunikasi Pada Jaringan Telepon
A. Jaringan Telepon Kabel
Telepon kabel menggunakan sistem wireline. sehingga membutuhkan kabel
supaya dapat berfungsi .
Cara kerja telepon kabel :
Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone
Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik kemudian
disalurkan oleh perangkat telepon
Sinyal tersebut disalurkan melalui kabel ke pusat telekomomunikasi
Dari pusat telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan kepada penerima
Setelah sampai ke penerima, maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi
gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.
B. Jaringan Telepon Seluler
Telepon seluler menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap
tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi
komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler.
MODUL “TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN” - XI TKJ (SMSTR 1) Page 31
Copyright @ 2021 A n d i r i l a n A r i t o n a n g
Juli 3, 2021 [TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN - TLJ]
Cara kerja telepon seluler :
Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone
Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian
dipancarkan oleh pnsel ke bts terdekat
Sinyal tersebut diterima oleh bts dan sinyal tersebut diteruskan ke pusat
telekomunikasi
Dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada bts terdekat kemudian
diteruskan ke si penerima.
Setelah sampai kepada penerima , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi
gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.
A. Soal Latihan
1. Komunikasi telepon atau suara melalui jaringan internet sehingga komunikasi SLJJ
maupun SLI dapat dilakukan dengan biaya lokal. Pengertian dari?
2. Media komunikasi internet untuk bertatap muka yang terpisah oleh jarak dan
waktu ialah?
3. Bentuk Komunikasi terbagi menjadi ... bagian?
4. Salah satu jalur yang digunakan untuk berkomunikasi data adalah?
5. Proses interaksi antar seseorang/beberapa orang dengan kelompok atau
lingkungan masyarakat menggunakan informasi agar saling terhubung satu sama
lain, pengertian dari?
Bab4
Teknologi Komunikas Data dan Suara
4.1 Teknologi Komunikasi Data
Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi diantara dua titik
menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching
dapat terjadi antara komputer dengan komputer, komputer dengan terminal atau
komputer dengan peralatan.
Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik
pengolahan data.
Komunikasi Data dan Jaringan Komputer
Adapun tujuan dari komunikasi data adalah sebagai berikut :
Memungkinkan pengiriman data dalam jumalh besar efisien, tanpa kesalahan
dan ekomis dari suatu tempat ketempat yang lain.
Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan perlatan pendukung dari
jarak jauh (remote computer use).
Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara
tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik
desentralisasi ataupu sentralisasi.
Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada
dalam berbagai mcam sistem komputer.
Mengurangi waktu untuk pengelolaan data.
Mendapatkan dan langsung dari sumbernya.
Mempercepat penyebarluasan informasi.
4.2 Teknologi Komunikasi Suara
Merupakan jenis komunikasi yang paling umum digunakan berupa informasi yang
disampaikan melalui perantara suara untuk didengarkan.
Contoh dari komunikasi suara adalah :
Komunikasi siaran radio / radio broadcasting. Informasi dipancarkan ke segala
arah dan siapapun diperbolehkan menerima informasi tersebut. Dan informasi
yang dikirimkan bersifat umum. Contoh : Radio RRI
Komunikasi radio amatir. Informasi dipancarkan ke segala arah tetapi jumlah
pengirim dan penerima informasi terbatas pada mereka yang mempunyai izin
beroperasi. Informasi bersifat pribadi. Contoh : ORARI
Komunikasi radio 2 arah. Informasi terbatas pada pengirim dan penerima
yang beroperasi dengan saluran / frequensi / gelombang yang sama dan jarak
jangkauannya terbatas sehingga sifat pribadinya dapat terjaga. Contoh :
Handy-talky
Komunikasi radio antar penduduk / citizen band. Hubungan komunikasi
bersifat pribadi, jangkauannya terbatas dan kerahasiaan tidak terjamin karena
semua pesawat penerima sistem komunikasi dapat menerima informasi yang
disampaikan. Contoh : RAPI, Intercom
Komunikasi radio panggil / paging system. Digunakan untuk memanggil
penerima yang merupakan pelanggan dari pengirim, jarak jangkauannya
terbatas. Contoh : Pager f.
Komunikasi telpon. Bersifat pribadi murni / niaga, jumlah informasi yang
disampaikan tidak terbatas, kerahasian terjaga, jarak jangkauannya paling
luas. Menggunakan manajemen pertukaran. Contoh : Telephone dial,
Handphone.
A. Soal Latihan
1. Proses pengiriman dan penerimaan data dari dua perangkat (device) atau
lebih yang terhubung dalam satu jaringan, merupakan pengertian dari?
2. Contoh ragam dari komunikasi data ada 3 salah satunya , yaitu?
3. Fungsi komunikasi data adalah?
4. Perangkat keras komunikasi data adalah?
5. Suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran adalah ?
Bab5
Analisis Kebutuhan Telekomunikasi
5.1 Analisis dan peninjauan lapangan
5.1.1 Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan
komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global
Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol
pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani
miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar
dinamakan Internet.
Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini
dinamakan internetworking ("antarjaringan").
B. Kebutuhan Internet Masyarakat
Mungkin dulu internet adalah merupakan sarana pelengkap atau hiburan semata,
tapi sekarang kedudukan internet telah berubah yaitu telah menjadi sebuah
kebutuhan bagi setiap orang, baik di kota – kota besar sampai ke pelosok daerah –
daerah semuanya sudah hampir mengenal internet dan menggunakan internet
untuk berbagai keperluan, seperti ibu rumah tangga misalnya bisa menggunakan
internet untuk mencari resep makanan, pedagang bisa menjual dagangannya
berupa toko online lewat internet, kita bisa mengirim surat lewat email di internet
dan yang lebih besar lagi adalah hampir semua transaksi yang terjadi saat ini telah
menggunakan internet, seperti transaksi perbankan dan transaksi – transaksi
lainya.
Jadi betapa pentingnya internet sekarang ini bagi kehidupan kita, dan yang sudah
merupakan kebutuhan.
Dampak positif Internet
Internet sebagai Media komunikasi. Fungsi ini merupakan fungsi internet
yang paling banyak digunakan , setiap pengguna internet dapat berkomunikasi
dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
Media untuk mencari Informasi. Perkembangan internet yang
pesat,menjadikan internet sebagai salah satu sumber informasi yang penting
dan akurat.
Sumber Penghasilan. Saat ini banyak sekali orang yang menggunakan
internet sebagai sumber penghasilan.
Kemudahan berbisnis. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
perdagangan sehingga tidak perlu pergi ketempat penjualan.
Sumber informasi. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang
pendidikan ,kebudayaan, politik, ekonomi, dan lain-lain.
Kemudahan memperoleh informasi. Kemudahan memperoleh informasi
yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
Media pertukaran data. Dengan menggunakan email, newsgroup, FTP dan
WWW (World Wide Web) pengguna internet di seluruh dunia dapat saling
bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Dampak negatif internet
Pornografi. Internet terkadang identik dengan pornografi.Dengan
kemamapuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini para produsen browser melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis homepage yang
dapat diakses.
Penipuan. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik
adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang kamu
dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Mengurangi sifat social. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung
lebih suka berhubungan lewat iternet dari pada bertemu secara langsung.
Kecanduan. Bisa membuat seseorang kecanduan ,terutama yang menyangkut
pornografi, permainan (games) dan dapat menghabiskan uang karena hanya
untuk melayani kecanduan tersebut.
5.1.2 Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan
suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon
beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon
sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan
pengguna lainnya.
1940, telepon mobile pertama kali digunakan secara komersial. Inovasi ini
sebelumnya digunakan sebagai alat bantu perang untuk membidik tembakan
dan meningkatkan kualitas radar. Selesai perang, ratusan telepon dipasang
dengan menggunakan sistem ini. Microwave radio dipasang untuk hubungan
jarak jauh.
1959, telepon Princess pertama kali diperkenalkan
1963, telepon dengan tombol bersuara diluncurkan
1971, perusahaan telekomunikasi mandiri diizinkan untuk mengembangkan
sistem komunikasi yang dikembangkan untuk bisnis. Berjuta-juta saluran
telepon telah digunakan masyarakat.
1983, Judge Harold Greene dengan sukses mengungguli perusahaan Bell yang
sebelumnya telah dicabut hak monopolinya.
1899, AT&T atau The American Telephone and Telegraph Company telah
mandapatkan asset dan mendapatkan hak paten dari perusahaan American
Bell. AT&T didirikan tahun 1885 sebagai pemilik keseluruhan subsidi
dari American Bellyang bertugas mendirikan dan mengoperasikan jaringan
telepon jarak jauh.
1913, Amplifirers elektric pertama kali dipraktekkan oleh AT&T. sistem ini
memungkinkan adanya hubungan telepon antar-benua.
1927, AT&T memulai proyek layanan telepon lintas-atlantik di London dengan
menggunakan dua jalur radio. Namun proyek ini masih jauh dari ideal karena
banyak terjadi gangguan dalam radio, memiliki kapasitas yang kecil, dan biaya
teleponnya yang mahal. Kemudian proyek ini dipindahkan menjadi lintas-
pasifik pada tahun 1964.
1969, pengguna telepon di Amerika telah mencapai 90%. AT&T menjadi
laboratorium sistem telepon paling baik di dunia.
Kebutuhan Telepon dalam Telekomunikasi
Saat ini telepon genggam sepertinya sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan
dari kita. Tak peduli tingkat ekonomi, bahkan usia, telepon genggam sudah
menjadi suatu kewajiban untuk dimiliki.
Telepon genggam adalah media telekomunikasi dua arah yang bisa menyampaikan
dan merespon informasi pada saat bersamaan. Melalui telepon genggam, kita bisa
melakukan telepon tanpa kabel, mengirim SMS, bahkan saat ini sudah ada
smartphones yang berfungsi selayaknya komputer mini; bisa mengakses internet,
game online, videophone, dll. Selain ukurannya yang kecil, telepon genggam pun
memiliki banyak model yang bisa dipilih sesuai dengan style pengguna.
Telepon genggam bukan lagi sekadar berfungsi sebagai media komunikasi pada
era kini, tetapi bisa untuk memudahkan jalannya bisnis, menunjukkan who we
are dengan brand telepon genggam itu sendiri, bahkan untuk sebuah media
hiburan dan media sosialisasi (seperti facebook, twitter yang sekarang sudah bisa
diakses melalui ponsel dengan mudahnya). Tak jarang orang tidak hanya memiliki
satu telepon genggam saja, melainkan dua atau bahkan tiga.
Pada 2011, 77% dari populasi dunia, atau 5,3 Milyar orang, adalah pelanggan
telepon seluler. Sejak merebaknya penggunaan handphone,sebagai kebutuhan
primer hampir semua kalangan memiliki, dari seorang tukang becak dari
penghasilan pas-pasan, hingga pengusaha dengan penghasilan ratusan juta
perhari.
Perkembangan ponsel di jaman ini telah memberikan perubahan perilaku bagi
para penggunanya, baik dari segi konsumerisme ataupun dari sisi psikologis.
Apalagi untuk tipe ponsel yang masuk dalam kategori smartphone, banyak sekali
ditemukan perilaku menyimpang yang sering dilakukan pengguna ponsel pintar
ini. Kebanyakan pengguna ponsel pada saat ini sudah memposisikan ponselnya
sebagai asisten pribadi yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
Dalam pengguanaan ponsel dewasa ini, kita pasti mendapatkan sisi positif dan sisi
negatif kita dapatkan.
Dampak Positif dari Penggunaan Telepon Selular :
Dalam kehidupan sosial ponsel telah mengubah kehidupan manusia dengan cara
yang berbeda, yang mempengaruhi cara bekerja, kehidupan pribadi dan hubungan
antar manusia.
Hubungan Antar Manusia. Dampak positif ponsel pertama adalah,
penggunaan ponsel meningkatkan konektivitas, baik jarak dekat maupun jarak
jauh, dan mengurangi jumlah waktu dimana kita tidak bisa berkomunikasi
dengan orang lain. Dahulu kita perlu hadir secara fisik dengan seseorang di era
pra-handphone, tetapi hari ini kita dapat berbicara dengan seseorang dimana
saja, sambil berjalan-jalan atau duduk di cafe. Jadi hubungan antar manusia
lebih mudah dan sangat praktis
Dunia Kerja dan Bisnis. Selain mempengaruhi komunikasi pribadi kita,
dampak positif ponsel sebagai kebutuhan primer juga telah mempengaruhi
cara kita melakukan bisnis. Studi mengenai dampak positif ponsel bagi
kehidupan sosial ini juga menemukan bahwa setengah dari respon
menggunakan ponsel mereka untuk tujuan bisnis saat melakukan liburan,
mengaburkan batas antar kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.
Dampak Demografis. Dampak positif ponsel memiliki pengaruh yang
berbeda pada demografis yang berbeda. Warga yang lanjut usia, terutama
mereka yang memiliki masalah mobilitas, bisa mengurangi rasa terisolasi
dengan menggunakan ponsel dan tidak bergantung pada kunjungan dari orang
lain untuk tetap berhubungan dengan dunia luar. Kemudian pada anak-anak
dan remaja adalah unutk memungkinkan mereka untuk mengembangkan
kemandirian mereka. Dari hasil penelitian 2007 oleh Australia National
University mengungkapkan bahwa 30%orang tua akan membiarkan anak
mereka tetap berada di luar jika mereka memegang ponsel agar tetap bisa di
hubungi.
Jenis Komunikasi. Dampak positif ponsel yang terakhir ini adalah
memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dalam berbagai cara,
termasuk panggilan, pesan teks, IM (Instant Messaging), dan email.
Berkomunikasi melalui teks memungkinkan seseorang untuk melakukan
percakapan dengan orang lainyang mungkin tidak tepat untuk dilakukan
di depan umum atau di acara tertentu, seperti dalam sebuah acara rapat.
Dengan terciptanya smartphone, pengguna sekarang dapat mengakses
akun jejaring sosial mereka melalui ponsel mereka, meningkatkan jumlah
metode dimana seseorang dapat berkomunikasi.
Hemat Biaya, ponsel juga memberikan kemudahan dalam berkomunikasi
dalam jarak jauh dan dengan biaya yang sangat murah.jadi kita dapat
menghemat biaya.
Dampak Negatif Telepon Selular
Dampak negatif ini merupakan kecanduan ponsel tersebut jika saja hanya
dibiarkan begitu saja akan berakibat fatal terhadap kondisi penggunaaan ponsel.
Efek ketergantungan yang terjadi akan semakin besar dan merusak psikologis
terhadap dirinya sendiri. Salah satu penyebab utama yang sering menjadi acuan
kecanduan ponsel adalah kemudahan akses yang diberikan oleh ponsel pintar
tersebut. Dengan kemudahan semua akses itulah pengguna merasa mempunyai
kesan tersendiri terhadap hal baru yang ditawarkan oleh ponsel pintarnya
tersebut.
Berikut dampak-dampak negatif dari penggunaan telepon selular :
Kepribadian Anak. Dampak negatif penggunaan ponsel yang paling
mencolok pada anak adalah perubahan tingkah laku. Terlalu sering
menggunakan ponsel yang memiliki beberapa aplikasi dan fitur menarik,
membuat anak tidak terlalu peka terhadap lingkungan. Jika komunikasi
antara anak dan orang tua lebih banuyak menggunakan ponsel, maka
dampak negatif penggunaan ponsel seperti ini berimbas buruk pada
hubungan orang tua dan anak. Gangguan psikologis yang terjadi akibat
memprimerkan ponsel disebut disebut nomophobia, alias no-mobile- phone phobia.
Kesehatan. Dampak negatif penggunaan ponsel bagi kesehatan tertuju
pada pola tidur seseorang ketika seorang anak menggunakan telepon dan
GSM secara berlebihan akan mengakibatkan kesulitan tidur pada malam
hari. Tentunya hal ini akan berdampak pada tingkat kelelahan dan stres,
selain itu dampak buruk penggunaan ponsel adanya radiasi sinyal RF.
Radiasi ini bisa meningkatkan potensi terkena kanker, dan tumor
terutama pada anak-anak.
Tingkat Kehidupan Masyarakat. Dengan menggangap ponsel itu
primer,itu menandakan banyak orang yang mempunya kehidupan sendiri
dengan ponselnya,dan artinya banyak oraang yang semakin tidak peka
pada lingkungan itu mengakibatkan semakin melunturnya nilai moral dan
sopan santun. Bahkan timbulnya kejahatan dan penipuan dalam ponsel
tersebut.
Kemalasan. Dengan ponsel masyarakat kini lebih cenderung menjadi
masyarakat yang malas karena hanya dengan ponsel dapat melakukan
berbagai aktifitas komunikasi sehingga proses interaksi secara langsung
atau tatap muka dengan orang lain jarang dilakukan.
5.2 Analisis Kebutuhan Sumber Daya Dalam Telekomunikasi
Sumberdaya dalam komunikasi menjadi titik berat/pusat perhatian oleh setiap
orang yang menggunakan telekomunikasi tersebut, baik itu client/pemakai
maupun administrator jaringan telekomunikasi tersebut.
Dalam menganalisis sumberdaya komunikasi ada beberapa faktor acuan untuk
dipertimbangkan setiap administrator yaitu :
Kebutuhan pemakai/client.
Jumlah Pengguna Rata-rata
Kecepatan Transfer
Biaya Oprasional.
Jika kebutuhan pemakai sangat banyak maka sumberdaya telekomuniksi tersebut
harus ditingkatkan juga,begitu juga faktor lainnya.
5.3 Analisis kebutuhan perangkat dalam telekomunikasi
5.3.1 WIRELINE ( Berkabel ).
Wireline adalah berbagai sumber daya yang dimiliki untuk berkomunikasi secara
elektronik,atau Jaringan internet tanpa kabel. Kabel yang digunakan adalah :
a. Kabel Coaxcial.
Kabel coaxial adalah jenis kabel yang memiliki dua buah penghantar konduktor
berupa kabel solid terbuat dari tembaga sebagai inti, kemudian dilapisi sekat
isolator dan dililit kembali oleh penghantar berupa kabel serabut yang terbuat
dari tembaga atau alumunium sebagai penghantar bagian luar. Kelebihan Kabel
Coaxial ·
Kabel coaxial memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kabel fiber
optik. · Kabel coaxial memiliki kecepatan transmisi cukup tinggi walaupun
mempunyai keterbatasan dalam hal jangkauan. · Walaupun dalam proses
instalasinya cukup rumit, namun Kabel coaxial peka terhadap isyarat. · Teknologi
yang digunakan pada jaringan kabel coaxial sangat umum, mengingat kabel ini
sudah digunakan sejak puluhan tahun lalu. Kelemahan Kabel Coaxial ·
Untuk mempertimbangkan ukurannya kabel coaxial memerlukan ketelitian yang
tinggi, sehingga cukup rumit dalam proses instalasi. · Kabel coaxial cenderung
lebih mahal dalam biaya pemeliharaan yang dibutuhkan. · Kabel jenis ini sangat
rentan terhadap temperature di dalam kabel. · Jangkauan transmisi data dari
kabel coaxial terbilang terbatas, sehingga membutuhkan repeater yang
digunakan untuk memperkuat sinyal di jarak yang jauh.
b. Kabel Twisted Pair.
Kabel Twisted Pair merupakan sebuah bentuk model dari suatu kabel di mana 2
(dua) konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau bahkan
meniadakan dari adanya gangguan elektromagnetik yang ada dari luar. Kabel ini
dibedakan menjadi 2, yaitu UTP dan STP.
c. Kabel Serat Optik (Fiber Optik)
Kabel jaringan fiber optik adalah suatu jenis kabel yang diperuntukkan sebagai
media transmisi terarah (guieded/wireline) guna kepentingan perpindahan arus
data dalam dunia jaringan komputer.
Kelebihan Kabel FO · Page 47
Transmisi data 10 s.d. 100 Mbps,
Delay atau waktu koneksi antarkomputer cepat,
Transmisi data berjalan dengan lancar
Biaya peralatan terjangkau
Kelemahan Kabel FO
Penggunaan terbatas pada satu tempat yang terjangkau kabel
Waktu untuk instalasi lama
Membutuhkan tempat dan lokasi jaringan permanen
Membutuhkan biaya perawatan rutin
Sulit untuk berpindah tempat
5.3.2 WIRELESS ( Tanpa Kabel).
Wireless merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer lain
atau dengan internet tanpa menggunakan kabel, dapat diganti dengan
menggunakan:
Gelombang Radio
Sinar inframerah
Bluetooth
Gelombang mikro
Kelebihan :
Mobilitas : Jaringan nirkabel menyediakan pengaksesan secara real-time
kepada pengguna jaringan di mana saja selama berada dalam batas aksesnya.
Kecepatan Instalasi : Proses instalasi jaringan ini relatif lebih cepat dan
mudah karena tidak membutuhkan kabel yang harus dipasang sebagai
penghubung.
Fleksibilitas tempat : Jaringan nirkabel atau wireless sangat fleksibel
terhadap tempat, berbeda dengan jaringan kabel yang tidak mungkin untuk
dipasang tanpa kabel.
Hemat Biaya : Bila terjadi perpindahan tempat, anggaran biaya dapat ditekan
walaupun investasi awal pada jaringan nirkabel ini lebih besar biayanya dari
pada jaringan kabel. Biaya instalasi dapat diperkecil karena tidak
membutuhkan kabel dan biaya pemeliharaan pun lebih murah.
Kemampuan Jangkauan : Konfigurasi jaringan dapat diubah dari jaringan
peer-to-peer untuk jumlah pengguna yang sedikit menjadi jaringan
infrastuktur yang lebih banyak.
Kekurangan :
Transmisi data hanya 1-2 Mbps yang jumlahnya jauh lebih rendah bila
dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Transmisi data dari komputer yang berbeda dapat mengganggu satu sama
lainnya.
Biaya peralatannya mahal.
Adanya delay atau waktu koneksi yang besar.
Adanya masalah propagasi radio, seperti terhalang, terpantul, dan banyak
sumber interferensi.
Kapasitas jaringan memiliki keterbatasan yang disebabkan spektrumnya tidak
besar (pita frekuensiny a tidak dapat diperlebar).
Keamanan data atau kerahasiaan data kurang terjamin.
Sinyalnya terputus-putus (intermittence) yang disebabkan oleh adanya benda
yang menghalangi sinyal.
5.3.3 JARINGAN DENGAN MODEM.
Modem merupakan perangkat keras pada jaringan komputer untuk
menghubungkan Local Area Network dengan jaringan Internet. Modem
mengubah komunikasi dua arah yang awalnya dari sinyal digital menjadi sinyal
analog ataupun sebaliknya. Sinyal digital dikirimkan dari komputer kemudian
berubah menjadi sinyal analog.
Jenis - jenis modem pada jaringan internet :
Modem Internal merupakan sebuah kartu yang dipasangkan pada slot
motherboard. Keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan
harganya relatif lebih murah.
Modem Eksternal adalah modem yang dipasang diluar komputer, biasanya
ditancapkan pada slot USB.
Modem yang menggunakan media kabel yaitu sebuah modem yang
menggunakan kabel sebagai media perantaranya (contoh: TV kabel dan
jaringan telepon).
Modem tanpa kabel, modem ini menggunakan media tanpa kabel untuk
perantaranya (contoh: modem GSM, Modem CDMA dan lain-lain).
5.3.4 KOMUNIKASI DENGAN SATELIT
Komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit sebagai pemancar, penerima
dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai
penghantar datanya.Contohnya :
Antena : Bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi
untuk menyalurkan sinyal radio ke udara. Fungsi : Mengubah sinyal listrik
menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya (Pelepasan energy
elektromagnetik ke udara / ruang bebas). Dan sebaliknya, antena juga dapat
berfungsi untuk menerima sinyal elektromagnetik (Penerima energy
elektromagnetik dari ruang bebas ) dan mengubahnya menjadi sinyal listrik.
Pada radar atau sistem komunikasi satelit, sering dijumpai sebuah antena
yang melakukan kedua fungsi (peradiasi dan penerima) sekaligus. Namun,
pada sebuah teleskop radio, antena hanya menjalankan fungsi penerima saja.