Konfigurasi VOIP Menggunakan Tribox

 

APA ITU VOIP SERVER ?

VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. kali ini kita akan belajar bagaimana caranya konfigurasi trixbox dan zoiper pada PC. Berikut cara-caranya:

A. Tahapan Installasi Trixbox

Untuk installasi trixbox bisa langsung di install di PC/Server/Laptop atau VirtualBox/VMware. Disini saya menggunakan VirtualBox Pertama siapkan file installasi Trixbox, bisa di download disini:

Download Trixbox

  1. Pastikan anda sudah terhubung ke internet, berikut tampilan pertama yang muncul ketika installasi Trixbox. Tekan  ENTER

  2. Tahapan selanjutnya muncul tampilan keyboard type pilih us dan OK

  3. Tahapan selanjutnya muncul tampilan Time Zone Selection, pilih System clock uses UTC, pilih Asia/Jakarta, pilih OK.

  4. Setelah itu muncul tampilan Root Password, masukan password root, misal 123456, pilih OK.

  5. Maka akan muncul tampilan Package Installation trixbox, tunggu beberapa saat sampai semua selesai dan reboot sendiri.

  6. Jika sudah selesai maka kita akan masuk ke trixbox seperti tampilan dibawah ini :

  7. Masukan Login: root lalu enter, masukan Password (yang sudah kita buat tadi 1-6) lalu enter, dan ketikkan: System-config-network untuk mengkonfigurasi ip address tekan Enter.

  8. Maka akan muncul tampilan seperti berikut : pilih Edit Device, tekan Enter

  9. Tahapan selanjutnya muncul tampilan Select A Device, pilih device yang ada eth0 (eth0), tekan Enter. awas jangn di save dulu ya.

  10. Lalu akan muncul tampilan Devernet Configuration seperti dibawah ini, pada Use DHCP hapus tanda bintang (*) dengan menekan tombol Space pada keyboard, masukan IP sesuai di jaringan anda, disini saya menggunakan IP (192.168.2.240) Netmask (225.255.255.0), default gateway IP (192.168.2.1), lalu Ok

  11. Tahapan selanjutnya pada  Select A Device kemudian pilih Save  dan Enter

  12. Selanjutnya akan muncul tampilan Select Acttion pilih Save & Quit lalu Enter.

  13. Setelah itu akan muncul tampilan ini, lalu ketikkan: Service Network Restart dan Enter Lalu ketikkan: ifconfig dan Enter (untuk mengetahui IP kita)

B. Tahapan Konfigurasi Server Trixbox

  1. Setelah itu kita masuk ke google chrome dan ketikkan Ip yang sudah kita Input dari konfigurasi sebelumnya (Disini saya menggunakan IP : 192.168.2.240

  2. Akan muncul tampilan login pada trixbox. Masuk dengan Login (Maint) dan password (password) lalu Sign in kemudian pilih User mode [switch] untuk masuk ke mode administrator trixbox.

  3. Setelah berhasil login kedalam mode administrator, Kemudian setting/tambahkan extension (nomor telpon yang bisa diguakan oleh client/pengguna). Pilih PBX >> PBX Settings >> Extensions >> Device: Generic SIP Device >> Submit.

  4. Setelah itu di tampilan Add Extensions kita akan Melengkapi user extensions, display name, dan SIP alias (bebas), tampilan berikut sebagai contoh

  5. Scroll ke bawah untuk melengkapi Device options bagian Secret, Voicemail & directory bagian Status (di enable), dan bagian Voicemail password (bebas) Lalu scroll ke tampilan paling bawah untuk melengkapi VmX Locater bagian VmX LocaterTM (Enabled), lalu bagian Use when dan Voicmail Intructions ( di centang semua), lalu submit dan klik tulisan orange (Apply configurations Changes) pilih Continue with reload.

  6. Scroll Ulangi langkah yang sama untuk membuat akun yang kedua

C. Tahapan Konfigurasi Zoiper Sebagai VoIP Client

  1. Untuk download aplikasinya bisa

    Download Disini

  2. buka aplikasi Zoiper dan pilih create account lalu lengkapi konfigurasi sesuai dengan jaringan yang di input pada trixbox sebelumnya disini saya menggunakan IP @192.168.2.240 dan nomor 123 didapat dari nomor yang sudah didaftarkan di server trixbox lalu next >> SIP >> Next

  3. Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut lalu pilih Setting, dan klik Account Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan terdapat tulisan Registered (account berhasil dibuat)

  4. Setelah account berhasil dibuat, selanjutnya hubungankan dengan apk zoiper yang ada di android dan cara konfigurasi di android sama seperti yang dilakukan diatas. Berikut contoh tampilan panggilannya:

Sekian dan Terimakasih, Semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman semua
Jika ada yang ditanyakan bisa kita diskusikan di kolom komentar ….

Next Post Previous Post