Matode Kerja Voip Materi Teknologi Layanan Jaringan


Buat membuat sistem VoIP, terdapat sebagian alterasi penyambungan. Terdapat koneksi dari pc ke pc dengan berbekal sound card serta head- set lewat jaringan LAN ataupun internet ialah pemecahan sangat murah namun lumayan merepotkan, sebab kedua sisi wajib mempunyai pc serta fitur lunak( Softphone) yang sama. Terdapat pula lewat komunikasi suara dari pc ke pesawat telepon IP( IP Phone) ataupun pesawat telepon biasa yang memakai gateway ataupun fitur yang disediakan oleh sesuatu industri buat bisa mengakses jaringan PSTN( Public Switched Telephone Network) 




Metode Kerja Voip


DIAGRAM VOIP Berikut ini ialah proses kerja diagram voip simpel:

1. Computer client 1 mendial computer client 2 dengan menggunakan layanan yang diberikan oleh server IPBX

2. Computer client 2 menerima panggilan dari computer client 1

3. Mikrophone computer client 1 menangkap gelombang suara dari user 1

4. Gelombang suara tersebut hendak diganti jadi paket informasi digital.

5. Setelah itu hendak di kirimkan ke server ipbx lewat HUB

6. Sehabis itu hendak diteruskan ke computer klien 2 lewat HUB pula.

7. Paket informasi digital tersebut hendak di ganti jadi informasi analog sehingga hendak menjadi

 gelombang suara yang hendak di keluarkan lewat speker.


Proses kerja dalam komponen diagram VoIP


Prinsip kerja VoIP merupakan mengganti suara analog yang didapatkan dari speaker pada Pc jadi paket informasi digital, setelah itu dari Komputer diteruskan lewat Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan lewat jaringan internet serta hendak diterima oleh tempat tujuan lewat media yang sama. Ataupun dapat pula lewat lewat media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet serta dapat diterima oleh telepon tujuan.

TCP/ IPTCP/ IP( Transfer Control Protocol/ Internet Protocol) ialah suatu protokol yang digunakan pada jaringan Internet. Protokol ini terdiri dari 2 bagian besar, ialah TCP serta IP.

Application layerFungsi utama susunan ini merupakan pemindahan file. Perpindahan file dari suatu sistem ke sistem yang lain yang berbeda membutuhkan sesuatu sistem pengendalian buat menangatasi terdapatnya ketidak kompatibelan sistem file yang berbeda– beda. Protokol ini berhubungan dengan aplikasi. Salah satu contoh aplikasi yang sudah diketahui misalnya HTTP( Hypertext Transfer Protocol) buat website, FTP( File Transfer Protocol) buat perpindahan file, serta TELNET buat halte maya jarak jauh.

TCP( Transmission Control Protocol) Dalam mentransmisikan informasi pada layer Transpor terdapat 2 protokol yang berfungsi ialah TCP serta UDP. TCP ialah protokol yang connection- oriented yang maksudnya melindungi reliabilitas ikatan komunikadasi end- to- end. Konsep bawah metode kerja TCP merupakan mengirm serta menerima segment– segment data dengan panjang informasi bermacam- macam pada sesuatu datagram internet. 

TCP menjamin realibilitas ikatan komunikasi sebab melaksanakan revisi terhadap informasi yang rusak, lenyap ataupun kesalahan kirim. Perihal ini dicoba dengan membagikan no urut pada tiap yang dikirimkan serta memerlukan sinyal jawaban positif dari penerima berbentuk sinyal ACK( acknoledgment). Bila sinyal ACK ini tidak diterima pada interval pada waktu tertentu, hingga informasi hendak dikirikmkan kembali. 

Pada sisi penerima, no urut tadi bermanfaat buat menghindari kesalahan urutan informasi serta duplikasi informasi. TCP pula mempunyai mekanisme fllow control dengan metode mencantumkan data dalam sinyal ACK menimpa batasan jumlah oktet informasi yang masih boleh ditransmisikan pada tiap segment yang diterima dengan berhasil. Dalam ikatan VoIP, TCP digunakan pada dikala signaling, TCP digunakan buat menjamin setup sesuatu call pada tahap signaling. TCP tidak digunakan dalam pengiriman informasi suara pada VoIP sebab pada sesuatu komunikasi informasi VoIP penindakan informasi yang hadapi keterlambatan lebih berarti daripada penindakan paket yang lenyap.


User Datagram Protocol( UDP) UDP yang ialah salah satu protocol utama diatas IP ialah transport protocol yang lebih simpel dibanding dengan TCP. UDP digunakan buat suasana yang tidak mementingkan mekanisme reliabilitas. Header UDP cuma berisi 4 field ialah source port, destination port, length serta UDP checksum dimana gunanya nyaris sama dengan TCP, tetapi sarana checksum pada UDP bertabiat opsional. UDP pada VoIP digunakan buat mengirimkan audio stream yang dikrimkan secara terus menerus.

 UDP digunakan pada VoIP sebab pada pengiriman audio streaming yang berlangsung terus menerus lebih mementingkan kecepatan pengiriman informasi supaya datang di tujuan tanpa mencermati terdapatnya paket yang lenyap meski menggapai 50% dari jumlah paket yang dikirimkan.( VoIP fundamental, Davidson Peters, Cisco System, 163). Sebab UDP sanggup mengirimkan informasi streaming dengan kilat, hingga dalam teknologi VoIP UDP ialah salah satu protokol berarti yang digunakan selaku header pada pengiriman informasi tidak hanya RTP serta IP. Buat kurangi jumlah paket yang lenyap dikala pengiriman informasi( sebab tidak ada mekanisme pengiriman ulang) hingga pada teknolgi VoIP pengiriman informasi banyak dicoba pada private network.

H. 323H. 323 merupakan salah satu dari saran ITU- t( International Telecommunications Union– Telecommunications). H. 323 ialah standar yang memastikan komponen, protokol, serta prosedur yang sediakan layanan komunikasi multimedia. Layanan tersebut merupakan komunikasi audio, video, serta informasi real- time, lewat jaringan berbasis paket( packet- based network).( Tabratas Tharom, 2001; 64) H. 323 berjalan pada jaringan intranet serta jaringan packet- switched tanpa mengendalikan media jaringan yang di pakai selaku fasilitas transportasi ataupun protokol networ layer. Standar H. 323 mengendalikan hal- hal selaku berikut:

  • Video Codec( H. 261 serta H. 263). Video Codec bertugas mengkodekan informasi dari sumber video buat dikirimkan serta mendekodekan sinyal kode yang diterima buat di tampilkan di layar penerima.
  • Audio Codec( Gram. 711, Gram. 722, G723, G728 serta Gram. 729). Audio codec betugas mengkodekan informasi dari sumber suara buat dikirimkan serta mendekodekan sinyal kode yang diterima buat didengarkan oleh penerima.
  • Informasi channel menunjang aplikasi- aplikasi semacam electronic whiteboard, serta kerja sama aplikasi. Sttandar buat aplikasi- aplikasi semacam ini merupakan standar T. 120. Aplikasi serta protokol yang berbeda senantiasa bisa dijalankan dengan perundingan memakai standar H. 245

Sistem control unit( H. 245 serta H. 225. 0) sediakan signalling yang berkaitan dengan komunikasi antar halte H. 323. H. 225. 0 layer memformat informasi video, suara, informasi, serta data kontrol lain sehingga bisa dikirimkan lewat LAN Interface sekalian menerima informasi yang sudah diformat lewat LAN Interface. Selaku bonus, layer ini pula bertugas melaksanakan error detection, error correction, serta frame sequencing supaya informasi bisa menggapai tujuan cocok denagn keadaan dikala informasi dikirimkan. LAN interface wajib sediakan koneksi yang profesional. Buat flow control serta unreliable informasi channel connection( misal: UDP) bisa digunakan buat pengiriman audio serta video channel.


Rangkaian Komunikasi VoIP

Sebagian komponen yang wajib terdapat dalam VoIP, ialah:

1. Protocol

2. VoIP Server

3. Soft Switch

4. SoftPhone( Aplikasi)

5. VoIP Gateway

Uraian: 

Protokol

Secara umum, terdapat dua teknologi yang digunakan untuk VoIP, yaitu H.323 dan SIP. H323 merupakan teknologi yang dikembangkan oleh ITU (International Telecommunication Union). SIP (Session Initiation Protocol) merupakan teknologi yang dikembangkan IETF (Internet Enggineering Task Force).

VoIP Server

VoIP Server adalah bagian utama dalam jaringan VoIP. Perangkat ini memang tidak wajib ada di jaringan VoIP, tetapi sangat dibutuhkan untuk dapat menghubungkan banyak titik komunikasi server. Perangkat ini dapat digunakan untuk mendefinisikan jalur dan aturan antar terminal. Selain itu VoIP server juga bisa menyediakan layanan-layanan yang biasa ada di perangkat PBX (Private Branch Exchange), voice mail, Interactive Voice Response (IVR), dan lain-lain. Beberapa jenis SoftSwitch juga menyediakan fasilitas tambahan untuk dapat berkomunikasi dengan SoftSwitch lain di internet. Ada beberapa SoftSwitch yang dapat anda pilih untuk membangun jaringan VoIP sendiri, semuanya memiliki lisensi gratis. Contoh dari VoIP server ini adalah Asterisk

Soft Switch

Telepon analog yang biasa digunakan di rumah menggunakan teknologi Circuit Switching. teknologi ini masih digunakan sebagai standar baku jaringan telepon di beberapa negara termasuk indonesia meskipun jauh dari efisien. Konsep dasar penggunaan Circuit Switching yaitu sebuah jalur komunikasi akan dibuka dan dipesan selama terjadi komunikasi. Jalur komunikasi yang ada akhirnya menjadi eklusif dimiliki oleh dua titik yang menggunakannya. Contoh, anda tinggal di Jakarta dan hendak menelepon kerabat yang berada di Surabaya. Selama proses komunikasi antara anda dan kerabat terjadi, jalur telepon dari jakarta ke surabaya adalah eklusif milik anda dan lawan bicara. Alhasil biaya pun memebengkak

karena anda harus membayar jalur telepon tadi. Konsep berbeda ditawarkan VoIP. Seluruh data yang lalu-lalang di Internet menggunakan konsep Packet Switching. artinya jalur yang anda gunakan untuk berselancar di internet bukan eklusif milik

sendiri. Packet Switching memungkinkan jalur data digunakan oleh banyak pengguna. Agar tidak salah alamat, paket data diberi identitas khusus sehingga perangkat pendukung seperti router dapat meneruskannya (switched) ke tujuan akhir. Packet Switch menjadi alasan utama mengapa komunikasi suara menggunakan Internet Protocol (IP) memiliki perbedaan biaya yang jauh lebih rendah.

Soft Phone (Seftware)

Selain berupa telepon utuh (hardware), perangkat telepon juga bias berbentuk software. Di duniaVoIP, perangkat ini disebut SoftPhone. Softphone memiliki jenis yang beragam baik dari kemampuan dan lisensi. Saat ini banyak Softphone yang disebarkan dengan lisensi gratis. Bahkan ada yang menyediakan lisensi software gratis sekalligus layanan jaringan VoIP -nya. SkyPe salah satu penyedia Softphone Cuma-Cuma, sekaligus layanan PC-to-PC call yang prima. SoftPhone Skype ini hanya bisa bekerja di jaringan milik Skype. Jika ingin membuat jaringan sendiri harus menggunakan Softphone jenis lain. Softphone lain diantaranya adalah X-Lite, IAXLite, MyPhone. X-Lite merupakan softphone untuk VoIP yang berjalan melalui protokol SIP. Selain suara, X-Lite juga bisa digunakana untuk saling berkirim text dan video. IAX-Lite merupakan softphone yang berjalan melalui protokol IAX. IAX merupakan protokol signaling yang dikembangkan oleh pembuat Asterisk (IP PBX). Untuk protokol H323 dapat menggunakan MyPhone.

VoIP Gateway

Gateway digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda yaitu antara jaringan H.323 dan jaringan non H.323, sebagai contoh gateway dapat menghubungkan dan menyediakan komunikasi antara terminal H.233 dengan jaringan telepon , misalnya: PSTN. Dalam menghubungkan dua bentuk jaringan yang berbeda dilakukan dengan menterjemankan protokolprotokol untuk call setup dan release serta mengirimkan informasi antara jaringan yang terhubung dengan gateway. Namun demikian gateway tidak dibutuhkan untuk komunikasi antara dua terminal

Next Post Previous Post