Mendiagnosis kasus fitur yang terhubung jaringan berbasis luas( Wide Area Network)


Mengenali permasalahan lewat indikasi yang muncul

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Partisipan didik bisa Mengenali jeni- jenis pesan kesalahan pada WAN
  2. Partisipan didik bisa Memisahkan kelompok kasus yang terjalin bersumber pada hardware, aplikasi serta pemicu eksternal
  3. Partisipan didik bisa menanggapi soal latihan dengan baik serta benar
  4. Partisipan didik bisa Merencakan serta memilah fitur jaringan cocok dengan raga serta keadaan posisi dengan baik
  5. Partisipan didik bisa Memasang fitur WAN dengan benar serta cocok prosedur
  6. Partisipan didik bisa menanggapi soal latihan dengan baik serta benar


mendiagnosa



Penjelasan Modul

1. Pengenalan Jaringan Luas WAN( Wide Zona Network)

Jaringan zona luas( bahasa Inggris: Wide Zona Network; WAN) ialah jaringan pc yang mencakup zona yang besar selaku contoh ialah jaringan pc antar daerah, kota ataupun apalagi negeri, ataupun bisa didefinisikan pula selaku jaringan pc yang memerlukan router serta saluran komunikasi publik.

WAN digunakan buat menghubungkan jaringan zona lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna ataupun pc di posisi yang satu bisa berbicara dengan pengguna serta pc di posisi yang lain.

Teknologi Jaringan WAN tergantung pada fihak ketiga dalam perihal ini industri penyedia layanan Telecommunication yang sediakan layanan ikatan jarak jauh. Tidak semacam pada jaringan LAN dimana koneksi antar device( pc) ditransmisikan dari satu piranti digital/ pc kepada piranti digital yang lain lewat koneksi raga secara langsung, teknologi jaringan WAN memakai campuran sinyal analog serta sinyal digital dalam melaksanakan transmisi informasi. Komunikasi Jaringan WAN

Pada diagram jaringan WAN berikut ini menarangkan tiap- tiap komponen serta guna dalam konsep teknologi Jaringan WAN.


Hardware WAN

Hardware WAN umumnya bergantung pada layanan WAN yang mau kamu koneksikan. Tiap protocol WAN memiliki spesifikasi serta kebutuhan yang berbeda buat hardware serta media transmisinya. Hendak namun kamu memiliki opsi dalam hardware yang kamu pakai, serta hardware WAN senantiasa compatible dengan layanan WAN.


2. Jenis- jenis kendala pada fitur Wide Zona Network

Pada sistem jaringan pc sangat rawan terhadap ganguan ataupun kehancuran disebabkan banyak sekali aspek yang bisa menimbulkan terjalin ganguan ataupun kehancuran pada jaringan tersebut.

Sebagian tipe kendala yang kerap terjalin pada fitur WAN, ialah:

a.Hardware( Fitur keras)

Terdapatnya kesalahan pemasangan pada fitur yang tidak cocok dengan prosedur ataupun manual book. Ditemui cacat pada fitur/ komponen jaringan. Gejala ini bisa dilihat pada komponen server, workstation, hub/ switch, serta kabel konektor.

b.Aplikasi( Fitur lunak)

Kendala bisa terjalin dari aplikasi yang terdapat diserver ataupun Komputer client, gannguan ini bias diakibatkan oleh tidak jalannya aplikasi di wireless, konflik IP( Internet Protocol), tidak jalannya proses proxy server pada server, serta masih banyak lagi jeni ganguan aplikasi yang lain, solusinya merupakan Admin wajib menguasa standard server serta client.


c.Eksternal lainnya

Jaringan down, perihal ini bisa diakibatkan oleh mati ataupun tidak berfungsinya komponen pada jaringan. Tidak berfungsinya komponen ini bisa diakibatkan oleh korosi( berkarat) serta rusak. Korosi mencuat sebab ruangan lembab ataupun waktu konsumsi yang telah sangat lama tanpa terdapatnya perawatan yang berkala. Fitur wireless yang kita pakai kerap mati tiba- tiba karena

sumber listrik mati bisa menimbulkan fitur WireLess yang kita pakai hendak kilat rusak. Sehinga hendak pengaruhi jaringanapabila terjalin kehancuran pada Wirelesss/ radio workstation ataupun di rooter server.


Wide Zona Network

Buat menjauhi kendala pada jaringan WAN hingga diperlukan atensi pada sebagian perihal supaya performansi serta keadaan jaringan WAN senantiasa normal ataupun baik. Ada pula perihal yang butuh dicermati merupakan selaku berikut:

  • Saat sebelum memasang fitur jaringan, seluruh ditilik secara teliti apakah ada cacat secara raga pada fitur tersebut
  • Bacalah manual dari masing- masing– masing- masing fitur buat mengenali keahlian kerja dari perlengkapan tersebut.
  • Bila ada kehancuran pada perlengkapan, langsung jalani penggantian perlengkapan.
  • Jangan sempat memaksakan perlengkapan buat bekerja melebihi keahlian alat
  • Pakai driver fitur jaringan yang cocok serta direkomendasikan oleh pembentuk fitur jaringan
  • Jangan sempat membiarkan Komputer tanpa aplikasi anti virus, sebab virus melanda lewat jaringan serta dapat mengusik koneksi jaringan.

Pakai aplikasi buat monitoring kinerja jaringan sehingga dapat mengetahui kasus koneksi lebih dini. Buat menjauhi kehancuran yang lebih parah baik aplikasi ataupun hardware hingga pengawasan serta perawatan teratur secara berkala sangat dibutuhkan 

Next Post Previous Post