Kopasus berhasil Evakuasi WNI dari Afghanistan berjalan Lancar

 


Kementerian Luar Negeri Indonesia telah mengevakuasi warga negara Indonesia di Afghanistan. Evakuasi terjadi setelah Taliban mengendalikan Afghanistan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Tim Evakuasi membawa 26 warga negara termasuk staf kedutaan Indonesia, 5 Filipina WNA, dan 2 WNI, Afghanistan yaitu suami warga negara Indonesia dan staf lokal Kedutaan Besar


Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi warga negara Indonesia dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat angkatan udara. Pesawat ini saat ini di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia, "Cuit Retno, Jumat (20/8/2021). 


 warga negara asing penuh sesak untuk meninggalkan negara itu di luar negeri. Penyebabnya khawatir tentang pemerintah Taliban seperti di masa lalu yang mengekang dan membahayakan kehidupan penduduk. Profesor Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana mengatakan penyelamatan ini adalah bentuk tanggung jawab negara atas warganya pada saat warganya di negara itu menghadapi masalah.



 Hikmahanto mengatakan dengan evakuasi tidak berarti pemerintah tidak percaya pada pemerintah.Apa yang diberikan oleh Taliban yang saat ini mengendalikan Afghanistan. Taliban mengklaim sebagai keterposalan amnesti bagi mereka yang ingin bekerja sama dan menjamin keamanan bagi penduduk. Warga negara Indonesia yang berada di Afghanistan, dia Lanjutan, tentu saja ingin dia bertahan hidup dalam situasi yang tidak pasti di negara itu di negara itu.


 "Di sinilah kehadiran negara untuk melakukan evakuasi," kata Hikmahanto, Launc. bersembunyi di antaranya. Bagi warga negara Indonesia yang terjebak dalam situasi yang tidak pasti di Afghanistan, tentu saja mereka bangga menjadi warga negara Indonesia dengan kehadiran negara untuk dievakuasi, katanya.

Next Post Previous Post